24 Januari 2016

Hyouka Jilid 5 Bab 1 Bagian 1 LN Bahasa Indonesia



SEKARANG: 1,4 KM; TERSISA 18,6 KM

Bagian 1
Meskipun seluruh jalan dilapisi aspal baru, namun sangat jarang mobil yang melintas. Semua sisi dipenuhi oleh siswa SMA Kamiyama yang berpakaian olahraga. Seolah-olah jalan yang melintasi daerah pegunungan belakang sekolah dibangun khusus untuk Hoshigaya Cup.
Sebentar lagi Ibara mungkin menyusul dari belakang. Sebelum itu terjadi, aku ingin memastikan bahwa aku mengingat jelas semua kejadian yang terjadi selama minggu penerimaan siswa baru.
Jeda waktu start antara satu kelas dengan kelas setelahnya biasanya sekitar tiga menit. Aku berasal dari kelas A dan Ibara dari kelas C, itu berarti aku memulai sekitar enam menit lebih awal darinya.
Selama kilometer awal, aku menyamakan kecepatanku dengan sekelilingku. Saat aku mencapai lereng menanjak, Satoshi menyusulku dan aku sedikit melambat. Biasanya, seharusnya aku berlari dengan kecepatan jogging pelan.
Dari yang pernah kudengar kecepatan berjalan seseorang biasanya sekitar 4km per jam. Kecepatan berlari mungkin dua kali dari itu, dan begitulah. Di buku yang pernah kubaca, kau akan dihukum jika berjalan lebih lambat dari 4 mil per jam.[1] Sayangnya, pikiranku menjadi buram saat mencoba mengkonversikan kilometer ke mil, jadi aku tidak bisa menggunakan itu sebagai refrensi. Lagipula, mari kita anggap kalau kecepatanku ada di antara berjalan cepat dan berlari. Sekitar 6km per jam. Ibara mungkin berlari lebih sungguh-sungguh dari orang biasa, mungkin sekitar 7km per jam. Dari sini, aku harus mencari tahu berapa kilometer jarak antara aku dan Ibara, dengan beda waktu start 6 menit. Jadi jawabannya adalah
Jawabannya adalah
Perkalian dan pembagian berputar-putar di kepalaku. Bukan berarti nilai matematikaku jelek, dan hitung-hitungan yang satu ini tidak terlalu sulit. Hanya saja melakukan hitung-hitungan di dalam pikiran dengan melakukannya di atas kertas membutuhkan cara yang berbeda. Ditambah lagi aku juga sedang berlari, karena itu otakku tidak bisa berfungsi seperti biasanya. Mau tidak mau aku butuh banyak waktu untuk mengetahui jawabannya. Setelah membuat sekian banyak alasan, aku merangkum semua jarak, waktu, dan kecepatan menjadi sebuah rumus di kepalaku.
Mari kita lihat. Dalam satu menit, Ibara mungkin akan mendekat sekitar 17 meter. Kalau begitu dia akan menyusulku sekitar 4,1km dari garis start. Itu artinya perkiraan jarak antara kami adalah…, yah, kemungkinan dia tidak jauh di belakangku.
Meskipun aku tidak punya waktu dan jarak yang cukup, untuk menghitung seberapa banyak jarak dan waktu yang tersisa, kenyataannya aku malah menghabiskan semakin banyak kedua hal itu. Untuk menutupi kurangnya pemikiran kedepanku. Aku punya dua cara yang mungkin bisa mengembalikan waktu dan jarak yang terbuang.
Cara pertama adalah dengan berlari sedikit lebih serius.
Dan yang kedua adalah mencoba mengingat apa yang terjadi pada hari itu lebih cepat lagi.
Hari itu, jika tidak salah, seperti hari ini. Aku yakin sekali.
Namun, hari itu lebih dingin.
===================================================
Catatan Kaki

1.    Merujuk ke buku “The Long Walk” karangan Stephen King.

Hyouka Jilid 5 Bab 1 Bagian 1 LN Bahasa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MEsato Dev

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.