20 September 2015

Only Sense Online Jilid 1 Bab 5 Bahasa Indonesia

Only Sense Online Jilid 1 Bab 5
Pengejar dan Equipment


Masih belum banyak player yang tiba di Kota Ketiga. Rasanya benar-benar sepi. Aku berjalan-jalan dan selama itu aku mendengarkan apa yang dibicarakan oleh para NPC. Aku mencari item dari kios-kios.


“Selamat datang, sedang mencari sesuatu?”

Aku disambut oleh seorang pria yang cukup memotivasi. Kulitnya putih dan dia tidak cocok dengan suasana kota ini, tapi ya sudahlah.

Medical Spirit Grass——tidak peduli bagaimana aku melihatnya, ini adalah grass pengganti dengan kualitas lebih baik.

Dan satu lagi.

Magical Spirit Grass——entah kenapa, kelihatannya tanaman ini berhubungan dengan sihir. Mungkin MP Potion bisa dibuat dengan ini. Tapi, harganya mahal.

Masing-masing 500G. Totalnya 1000G. Kalau aku menghabiskan beberapa hari di sini, dan membeli beberapa; 2800G akan menghilang dalam waktu singkat. Namun, dalam kasusku, kalau aku membeli masing-masing satu, aku bisa menumbuhkannya seiring waktu, karena itulah aku akan membelinya.

Setelah itu, aku bertanya pada NPC di sekitar, dan direkomendasikan ke suatu tempat.

Itu adalah penginapan di tengah kota.

Kupikir karena ini di dalam kota maka tidak ada bahayanya dan masuk untuk melihat. Ada sangat banyak orang yang berpakaian seperti penjahat, karena ada beberapa orang berotot di dalamnya; perasaan bahwa aku salah tempat tidak bisa kupungkiri.

“Hoho, Nona. Ini bukanlah tempat untuk dimasuki anak-anak.”

“Jangan panggil aku ‘nona’. Dan aku ini laki-laki.”

Aku memeletoti kembali seorang pria dengan potongan rambut dan baju lengan pendek yang berbicara padaku. Aku bertanya-tanya apakah dia adalah seorang NPC event. Yah, ayo menjawabnya dengan wajar.

“Hm? Apa yang kau pakai di jarimu itu?”

“Sebuah cincin.”

Entah kenapa, pria mabuk tersebut tiba-tiba terdiam dan terlihat menyeramkan. Kedua mata orang di hadapanku ini juga tegang.

“Apakah kau membuat cincin itu?”

“Yah, aku membuatnya dengan Craftmanship.”

“Aku tidak yakin lengan sekurus itu bisa menangani logam!”

Aku tiba-tiba diteriaki tanpa alasan?!

“Apaa! Aku yang membuatnya! Lihat!”

“Kalau kau puas dengan barang yang bahkan tidak lebih bagus dari equipment besi tua dan ornamen, maka itu terlihat jelas.”

*kaching*. Orang ini benar-benar membuatku kesal. Begitu mengesalkanku bahkan NPC pun tahu hal itu. Aku juga ingin beberapa waktu lebih untuk membuat aksesoris yang lebih rumit, tapi aku tidak punya waktu.

“Apa? Tidak terima? Kalau begitu coba pukul aku. Kalau kau bisa membuatku bergerak meskipun hanya selangkah, aku akan mengakuimu.”

“Seorang pria tidak akan menarik kembali ucapannya.”

“Tentu saja.”

Aku menurukan pinggulku dan mengumpulkan kekuatan. Dan kemudian melemparkan sebuah pukulan ke perutnya dengan sekuat tenaga. Akan tetapi, orang ini tidak bergeming. Otot-otot perut six-pack-nya sekeras besi. Tanganku yang meninjunya terasa sakit, rasanya seperti aku memukul sebuah armor.

“Hei, kau pasti bercanda.”

“Seperti itulah lengan seorang wanita. Pulang dan berlatihlah.”

“Tunggu sebentar!”

Aku mencoba memanggil pria tersebut, tapi aku diusir dari toko tersebut oleh seorang pria tua pesolek yang kelihatannya adalah si pemilik toko.

Begitu aku meninggalkan penginapan, aku mendengar suara-suara percakapan pria mengalir keluar dari dalam. Entah kenapa, aku merasa seakan aku melihat atmosfer yang mengerikan dan suasana hatiku memburuk. Oh, ayolah. Begitu aku kembali, aku akan mengadu pada Magi-san sedikit.

Matahari masih tinggi. Portalnya——kalau aku menggunakan objek bola biru pucat tersebut maka akan lebih cepat——tapi, ayo lari sambil mengumpulkanitem. Lagipula lawan-lawan di pertambangan juga lambat.

Setelah memutuskan demikan, aku berlari melewati apapun dengan Speed Increase dan speed enchantGolem dan Sandmen memandangku skeptis dan tidak bergerak. Aku kembali ke Kota Pertama sambil mengumpulkan item.

Berkat panenan di tambang, jumlah Iron Ore yang kupunya saat ini sangat melimpah.

“Magi-san, dengar ini.”

“Ohh, Yun-kun. Bagaimana penaklukan bos-nya? Gagal?”

Setelah tiba di toko Magi-san, aku berbicara padanya dari seberang konter.

Aku menuju ke sebuah kursi terdekat dan mulai mengeluh.

Golem-nya berhasil dikalahkan dan aku pergi ke Kota Ketiga.”

“Aah, tempat itu. Ada orang-orang di antara teman-temanku yang ingin pengolahan logam tingkat tinggi, jadi aku juga ingin pergi ke sana dalam waktu dekat.”

“Magi-san seorang crafter ‘kan? Bisakah kau bertempur sendiri?”

“Tiiidak mungkin. Dibutuhkan enam party. Kami akan menembusnya dengan total 36 orang. Setengah dari mereka adalah crafter. Karena tujuannya adalah pergi ke kota, tidak masalah meskipun aku mendapat penalti. Sejak awal, cara kami menaikkan level itu berbeda.”

“Haa. Bertempur dan crafting itu berbeda, ya.”

“Ada perbedaan yang mendasar dan jelas. Jadi, ini bukan tentang penaklukan Golem?”

Seperti yang dia katakan, kami akhirnya kembali ke topik semula.

“Tadi, aku masuk ke sebuah bar ketika berkeliling di Kota Ketiga dan bertengkar dengan seorang NPC. Aku tidak dapat menandinginya.”

Meskipun singkat, kelihatannya Magi-san menyadari sesuatu.

“Ahh. Penginapan di dekat pusat kota. Haa—kangennya.”

“Tempat apa itu?”

“Itu ada sebuah tempat di mana semua orang yang menangani logam datang ke sana. Yun-kun, berapa level Craftmanship-mu?”

“Umm, 13?”

“Mustahil kalau begitu. Kau perlu setidaknya 25 atau event-nya tidak akan berlanjut.”

“Apa maksudnya itu?”

“Sebenarnya, kita para Smith dan Craftsmen tidak hanya mengerjakan logam.”

“Yah, itu benar. Hei, saat ini aku hanya bisa menggunakan logam dan permata.”

“Yup, yup. Karena itulah, sesudah kau memukulnya begitu kau mencapai level 25, dia akan berkata ‘kekuatan fisik adalah inti dari seorang pandai besi!’ atau semacamnya dan akan melemparmu dengan paksa ke dalam tambang seorang diri.”

Apa maksud dari event itu? Mereka mau menyinggung player?

“Yah, kau akan mendapat skill spesial dari situ. Jadi pada dasarnya, EX-Skill didapat dari event itu.”

“Hee. Skill seperti apa dalam hal ini?”

“Kau bisa merubah penampilan dari item selain logam.”

“Dan performanya?”

“Tidak berubah, tapi desainnya disesuaikan oleh player yang menginginkan penampilan dari equipment-nya.”

Sebagai contoh, aku bisa menambahkan fur ke bando alice untuk membuat telinga anjing, telinga kucing, atau ekor hewan. Ada beberapa maniak yang akan membeli barang-barang tersebut.

“Yah, orang yang mengawalinya pertama kali adalah aku.”

“Magi-san?”

“Saat ini aku menggunakan logam keras untuk membuat senjata dan armor, tapi kalau ada permintaan, aku akan membuatnya. Ngomong-ngomong, aku untung besar saat di versi β.”

“Itu tidak kedengaran terlalu menarik. Tapi kelihatannya seperti bisa membuat kostum khusus untuk sebuah karakter.”

“Benar, benar. Seorang tukang kayu datang padaku dengan niat untuk menempelkan sebuah tengkorak pada sebuah tongkat jelek untuk membuatnya menjadi berkesan tongkat seorang sorcerer. Lalu ada sebuah kejadian seorang penjahit yang ingin membuat sehelai jubah vampire dengan menutupi permukaan kain dengan membran kelelawar. Ada begitu banyak kebebasan. Pada akhirnya, aku membuatnya dengan senang hati. Kedua orang itu menangani kain dan kayu, dan berpasangan untuk sebuah event di Kota Kedua. Kurasa mereka sekarang mereka telah menjadi rekan dalam sebuah perkumpulan?”

Aku mengerti. Itu adalah sebuah cerita yang sangat menarik yang pernah kudengar. Hmm. Ornamen untuk mencocokkan image character. Sebuah kebebasan tingkat tinggi.

“Yah, kurasa begitu. Lalu, apa kau punya potion untuk dijual?”

“Ah, ya. Aku mengerti. Apa tidak masalah dengan barang baru yang kubuat?”

“Hohoo, biar kulihat.”

“Barang baru, Blue Potion dan juga sisa dari Potion. Aku terlalu berlebihan menanggapi tantangan Golem dan membuat sebanyak lima puluh, sehingga pada akhirnya hanya setengahnya yang terpakai.”

“Oh, sebotol Bluepot. Terlebih lagi jumlah pemulihannya tinggi. Ini sama bagusnya dengan Highpot rata-rata.”

“Apakah efeknya setinggi itu?”

“Yup, yup. Sepuluh Bluepot dan dua puluh dua Potion, ya. Baiklah, Bluepot harganya murah kalau dijual ke NPC, tapi jumlah pemulihan yang ini sebanding dengan Highpot, setengah harga dari Highpot, jadi… 500G. Sekitar 5770G totalnya?”

“Woah, material murah seperti Blue Jelly membuatnya jadi begitu mahal.”

“Aku tidak tahu bagaimana cara membuatnya, tapi aku senang barang ini memiliki efektivitas yang tinggi. Aku pergi dulu, aku menantikan pengiriman berikutnya.”

Aku bisa mengeluarkan uneg-unegku dan mendapatkan uang banyak dari Blue Potion.

Penilaianku terhadap Blue Jelly meningkat drastis. Setelah itu, aku membeli beberapa dari toko NPC. Meskipun kau menimbun debu, nantinya itu akan menjadi sebuah gunung… Satunya seharga 7G, aku membelinya seratus dengan total 700G. Ini di luar perkiraan.

Yang tersisa 6000G. Aku perlu mendapatkan equipment, maka aku akan kekurangan uang untuk memperluas ladang lagi.



Setelah log out saat makan malam hari itu, kami saling menceritakan satu sama lain kejadian hari ini.

“Woah! Onii-chan sudah pergi ke Kota Ketiga, ya.”

“Aku diajak Takumi menjadi seorang setengah-penyembuh.”

“Ooh, begitu, Takumi-san juga memikirkannya. Para crafter ingin secepatnya pergi ke Kota Ketiga.”

Entah kenapa Miku mempercayainya. Sebenarnya, Takumi mungkin juga telah memikirkannya. Saat aku aku berpikir seperti itu, aku merasa menari-nari di telapak tangannya.

“Oh iya. Onii-chan, hari ini Defence Power Increase-ku sudah tidak ada dan aku mendapat sebuah Sense baru Physical Increase. Aku menaruhAction Restriction Release di tempat yang kosong.”

“Ngomong-ngomong soal Physical Increase, aku sudah mendengar tentang Sense Tree, tapi apa itu?”

Sense Tree bisa dikatakan adalah sebuah diagram dari Sense. Dari Sword, baik yang One-Handed Sword atau Two-Handed Sword berasal, dia akan berubah menjaid class yang berbeda.”

“Maksudnya?”

“Sebagai contoh, kalau kau menaikkan Sense A dan B, kau akan mendapat Sense C dari jalur yang berbeda. Dan kalau kau mengambil Sense C itu, kau tidak akan bisa mengambil jalur balik ke A dan B.”

“Dengan kata lain, kau perlu mengulang semuanya.”

“Tapi mengulang kenaikan skill dari awal itu sedikit berat, hanya petarung berkekuatan ekstrim yang akan mengambilnya. Ada beberapa orang yang tidak berpindah ke jalur yang lain dan terus menaikkan level yang sama.”

“Hmm. Apa maksudnya dengan Sense Action Restriction Release? Itu tidak bisa didapatkan di Sense awal.”

“Onii-chan, kau perlu info sedikit lagi.”

Menjadi efisien itu tidak masalah, tapi kakakmu ingin menyeruput teh dengan santai di beranda.

“Begitu kau mendapatkan lebih dari 20 SP, jumlah Sense yang bisa kau ambil meningkat. Saat β, Sense juga meningkat pada 40 SP dan mungkin akan meningkat pada 60 SP. Karena itulah ada orang-orang yang melakukan perubahan total ketika mereka mencapai 20 untuk menyesuaikan gambaran mereka.”

“Jadi, apakah Sense yang muncul pada 20 SP itu kuat?”

“Nn, tidak juga. Membicarakan performa, tidak ada banyak perbedaan. Tapi, yang muncul adalah hal-hal yang memungkinkan kita untuk memanfaatkan kelemahan musuh atau kebal terhadap status abnormal, semacam hal mencolok kurasa? Juga, beberapa menjadi Sense insight-type ketika dinaikkan levelnya.”

“Begitulah Hawk Eyes.”

“Sebagai contoh, ada Sense Snake Eyes. Yang ini dapat memberikan efek lumpuh pada musuh yang dilihat saat diaktifkan. Ini adalah Sense yang bisa didapat saat SP 20. Ini lebih berorientasi pada pertempuran daripada Hawk Eyes.”

Kau disebut sampah. Maaf Hawk Eyes. Tapi aku tidak akan membuangmu.

“Kalau Hawk Eyes berkembang, suatu hari dia akan menjadi yang terkuat.”

“Tentunya. Tidak ada seorang pun yang tahu pengembangan dari Hawk Eyes, karena sejak β, tidak ada yang menaikkannya sampai lebih dari level 25.”

“Baiklah, aku akan mencoba meningkatkan semua Sense hingga 30 dan melihat hasilnya. Tapi, kalau dipikir-pikir, untuk bisa mendapatkan banyak SP, adalah bagus untuk mendapatkan banyak Sense.”

“Sebenarnya, ada banyak orang yang mengambil banyak Sense dan menaikkannya hingga level 10 untuk mendapatkan yang baru. Tapi saat aku mempertimbangkannya, kurasa itu sulit. Terlebih lagi, Sense lebih tinggi membutuhkan 2 sampai 5 SP. Setelah melakukan hal semacam itu untuk mendapatkan Sense, kau perlu menaikkan levelnya sampai level 50 atau 60. Menaikkan level hingga rata-rata itu sangat berat.”

Seperti yang diduga dari seorang player tingkat tinggi. Dia memperkirakan rute yang terpendek.

“Aku masih perlu waktu sampai bisa mencapai levelku di β, sepertinya? Onii-chan, apa yang sedang kau lakukan?”

“Apa maksudmu?”

“Tepat seperti yang kukatakan. Apa yang kau lakukan untuk menaikkan level?”

“Ahh. Aku membuat potion. Aku menghasilkan uang dengan membuat item yang dikonsumsi. Ini cara yang bagus untuk menaikkan level. Sayangnya hanya untuk crafting.”

“Kau melarat seperti biasa, ya.”

Miu tertawa riang dengan suara yang seperti bel. Tidak masalah, ‘kan. Walau begitu, aku berada pada level di mana aku cukup berguna di pertempuran. Itu benar.

“Yah, adik perempuanmu akan menjaga Onii-chan.”

“Hoo, silakan kalau begitu.”

“Yup, yup. Adalah tugasku untuk memastikan tidak ada serangga menjijikkan yang menempelkan dirinya pada Onii-chan yang perempuan.”

“Hentikan candaan semacam itu. Kadang saat aku mengingatnya, aku hampir hilang kesadaran karena merasa menderita.”

“Aku mengerti. Kalau begitu, aku akan pergi berburu dengan Sei-oneechan.”

“Ya, ya, titip salam untuk Sei-nee.”

“Onii-chan, mau ikut berburu bersama?”

“Aku tidak ikut kali ini. Aku capek.”

Aku melakukan banyak hal, aku begitu gugup saat melawan bos monster. Meskipun VR tidak begitu realistik, tapi sangat menegangkan ketika pertempuran. Aku tidak menyangka aku akan begitu menguras syaraf-syarafku. Dan bagaimana tentang menghadapi seekor Dragon, aku pergi ke kamarku. Aku memikirkan perkataan ini dan party berburu Taku. Meningkatkan senjata dan armor itu bagus bagaimana pun, saat itu juga aku menyadarinya.




Beberapa hari kemudian, dengan tujuan untuk meningkatkan equipment-ku, aku pergi melakukan pekerjaan lapangan. Dengan membuat aksesoris dan memolesnya dengan Craftmanship, menaikkan level sekaligus membuat potion, aku mendapatkan 40kG.

Wajahku terlihat senang setelah mengumpulkan uang sebanyak ini. Akan bagus kalau seseorang menjual sebuah bow padaku untuk ini, pikirku sambil berjalan melewati kota…

Aku—sedang dikuntit!

Tidak, tunggu. Ini pasti sebuah kesalahan. Seorang pria tampan berusia awal dua-puluhan bersama seorang anak laki-laki tipe lolishota. Hei, hei, tunggu. Ini bukan main-main, kenapa mereka terus mengikutiku bahkan setelah aku meninggalkan kota dengan langkah terburu-buru dan mengejarku? Bukankah mereka player level tinggi?

Ketika aku berbalik, ujung dari jubah dan kepala si pria tinggi dapat terlihat dari tempatnya bersembunyi. Aku bisa melihatmu. Tapi, entah kenapa, meskipun tahu bahwa dia terlihat, dia tidak berhenti membuntutiku.

“Haruskah aku mengirim kode SOS pada seseorang? Tapi…tidak, kalau ini adalah sebuah PK, maka orang-orang akan melarikan diri sebelum itu terjadi.”

Aku memiliki kepercayaan diri dengan kakiku. Mereka tidak akan datang ke Kota Ketiga untuk mengejarku. Setelah memutuskan hal tersebut, aku melarikan diri ke barat secepat mungkin.

“«Enchant» ——Speed.”

Aku memasang sebuah enchant dan berlari. Selama ini, aku mempelajari seluruh keadaan geografis hutan saat aku mengumpulkan item. Aku pergi menuju tambang secepatnya melalui rute terpendek, tapi kedua orang itu tetap terus berada di belakangku. Mereka ternyata player tingkat tinggi! Tapi kenapa mereka mengejarku?

Apa yang bisa kupikirkan adalah——Stone of the Earth dan uang yang kumiliki saat ini.

Mungkinkah mereka tahu aku mempunyai material khusus?! Kalaupun tidak, setengah dari 40kG hasil keringat dan air mataku bisa memancing musuh.

Keuntungan dari sistem PK adalah membuatmu dapat mengambil uang dari orang yang kau kalahkan.

Aku tidak bisa menghadapi dua orang tersebut dengan equipment pemula!

Meskipun aku adalah seorang laki-laki, tapi aku dibuntuti oleh laki-laki. Ini adalah krisis kehidupanku. Padahal ini hanyalah sebuah game.

Aku harus melarikan diri ke Kota Ketiga, dan kemudian kembali melalui portal dan meminta tolong pada seseorang.

Di tambang, aku menghindari Armadillo dan Crab, juga mengabaikan Sandman dan Golem. Kedua orang di belakang itu dihentikan oleh para Sandman. Yeaah, aku menyingkirkan mereka dengan begini. Aku beristirahat setelah memasuki kota.

“Haah, haah, akhirnya menyingkirkan mereka. Apa-apaan mereka itu. Ahh, itu menakutkan.”

Mereka tidak mengejarku. Aku menoleh dan melihat-lihat, meskipun aku tidak yakin mereka telah menghilang. Dengan tenang, aku memasuki portal, berharap ada seseorang yang akan menjual padaku sebatang bow di Kota Pertama. Juga, sebuah armor, yang terbuat dari kain. Ahh, ngomong-ngomong soal itu, pria jangkung tadi punya pakaian yang bagus. Aku penasaran apakah mereka menjualnya. Sambil berpikir begitu, aku berpindah melewati portal.

“Kami akhirnya bertemu denganmu, brengsek.”

Orang-orang tadi berada di depan tujuan portal. Aku tidak mengira mereka akan pergi sejauh ini.

“Kami meremehkan equipment pemula itu. Aku tidak mengira kau akan sampai pergi ke Kota Ketiga. Kami tewas dan kembali kemari.”

——AKU BENAR-BENAR BODOHHHHHH.

Mereka kembali setelah mati. Aku belum begitu berguna di kota itu. Mereka berpikir bahwa aku akan menggunakan portal untuk kembali dan menungguku untuk muncul!

“Sekarang, ayo bicara. Hei, tunggu!”

Aku melarikan diri lagi. Kali ini aku harus ke tempat di mana orang-orang ini tidak akan datang. Tidak, aku harus bersembunyi di tempat di mana aku bisa menunggu sampai seseorang menjawab panggilan SOS-ku. Itu benar, tokonya Magi-san seharusnya bisa. Berpikir begitu, aku mulai berlari.

Saat aku melirik ke belakang, mereka berdua berlari dengan kecepatan penuh, tapi mereka lebih lambat daripada sebelumnya. Oh, aku mengerti. Penurunan status karena penalti kematian, ya.

Pada saat ini, aku bergegas masuk ke toko Magi-san.

“Ah, Yun-kun… ”Magi-san, sembunyikan aku.”. Eh?”

Seperti itu, aku melompati konter dan merunduk di baliknya.

Aku menahan napasku sebisa mungkin dan mulai menggerakkan penglihatanku untuk mencari tanda-tanda keberadaan di belakangku. Entah kenapa, denyut jantungku meningkat dengan cepat dan keringat mengalir dengan tidak menyenangkan.

Setelah beberapa saat, ada orang yang memasuki toko.

“Magi, ada waktu?”

Itu adalah orang-orang yang tadi. Langkah kaki dua orang. Jantungku berdegup semakin cepat. Meskipun aku tidak bisa melihatnya, aku menggerakkan mataku untuk memastikan di mana mereka. Sekalipun PK mustahil dilakukan di jalanan, aku tidak mau tinggal bersama orang-orang semacam ini.

“Apa? Apa yang terjadi? Dan bagaimana rasanya kecepatan dari aksesoris yang kemarin?”

Magi-san berbicara dengan nada akrab. Mereka berdua kelihatannya pelanggan tetap toko Magi-san, Open Sesame.

“Ya, aksesoris-aksesoris itu memberi kami kecepatan yang sangat bagus. Dengan bonus kecepatan dari lima aksesoris tersebut, kami sama cepatnya dengan player speed-type.”

“Itu cepat. Kalau aku menggunakan SP yang tersisa ke speed, aku akan menjadi yang tercepat.”

Mereka berdua mengobrol santai tentang pengejaran mati-matian terhadapku.




“Kelihatannya ada perbedaan besar hanya dengan peningkatan equipment. Jadi, Magi. Kau sedang menyembunyikan dia.”

Aku menatap Magi dari dalam konter dan menggelengkan kepalaku. Magi-san terus tersenyum dan memberiku tanda OK dengan jarinya.

“Siapa? Akhir-akhir ini ada cukup banyak smith yang datang memohon supaya aku mengajari mereka, tapi peraturan kita adalah untuk menjual barang dengan harga yang masuk akal, ‘kan?”

“Harga yang masuk akal, tidak masalah. Aku kurang lebih tahu build Sense-mu.”

“Apa yang ingin kami tahu adalah tentang Mysterious Bluepot Vendor. Yang Magicchi jual sebagai titipan. Efeknya sudah terdengar oleh kami juga.”

Bluepot katanya, Blue Potion-ku? Tapi kenapa? Semua orang bisa membuatnya.

“Hahaaan. Dengan kata lain, kalian mau memaksa bertanya padanya tentang bagaimana dia membuat Blue Potion dengan efektivitas yang tinggi dan supaya dia mengajarkan kalian bagaimana caranya menggunakan Mixing dan Synthesis? Cloude.”

Nada bicara Magi-san merendah sedikit. Karena suara ini, pria yang dipanggil Cloude tergagap.

“M-Magicchi, bukan begitu. Kurocchi hanya tertarik. Juga, kami penasaran tentang player pemula yang baru-baru ini Magicchi kenal. Kurocchi sebagai seorang penjahit ingin tahu asal dari Film dan Big Fur.”

“Dengar, Lyly. Aku tidak tahu apa yang kalian rencanakan, tapi kenyataan bahwa dia datang meminta tolong padaku itu cukup jelas. Terlebih lagi, bagaimana dengan mengungkapkan teknologi seseorang secara paksa? Bukankah kerja keras dan kelebihan gadis itu akan lenyap?”

“Uuu…”

Kali ini, si lolishota terdiam. Magi-san, benar-benar terima kasih. Kau benar-benar bisa diandalkan.

“Jadi, apa yang sudah kalian lakukan?”

“Kami berpikir untuk bertanya.”

“Dan?”

Magi-san melihat mereka dari bawah. Wajahnya menakutkan, atau tepatnya dia memojokkan lawannya dengan seulas senyuman di wajahnya.

“Awalnya kami ingin memanggilnya, tapi… kami tidak mendapat waktu yang tepat, dan… begitulah, dia melarikan diri. Meskipun akhirnya dia keluar dari portal, ekspresinya berubah dan dia kabur dengan cepat ke tempat ini. Apakah dia sudah pergi lewat pintu belakang?”

…hei, bukankah orang-orang ini menyedihkan?!

Bukannya mereka sepertinya sangat marah saat salah seorang dari mereka memanggilku brengsek? Aku benar-benar berpikir begitu.

“Ya ampun, tingkah bodoh macam apa yang seorang penjahit top ini lakukan? Kau juga, Lyly, ikut-ikutan menemaninya. Pikirkan perasaan seorang gadis yang dikejar-kejar oleh dua laki-laki. Meskipun ini adalah game, ekspresi kalian terkirim ke sini. Meskipun etika di dalam game itu berbeda dengan yang normal, mau tidak mau seseorang akan jadi curiga.”

Magi-san mengatakan semua yang ingin kukatakan. Tapi, aku ini laki-laki. Sedangkan untuk etika yang berbeda dengan yang normal, dengan kata lain, pembunuhan bukanlah dosa.

“Cloude, wajah murungmu itu menakutkan, sehingga siapapun akan lari.”

Dia mengakhirinya dengan sempurna.

“Aku mengerti, maaf. Um, bisakah aku minta bantuanmu untuk memperbaikinya? Aku juga akan menyiapkan barang sebagai permintaan maaf.”

“Dariku juga. Tolong, Magicchi.”

Magi-san menghela nafas besar.

“——Jadi, apa yang akan kaulakukan? Memaafkan mereka? Yun-kun.”

Seperti itulah, aku dipanggil keluar dari dalam konter. Tentu saja, setelah mendengar cerita tadi, sepertinya aku bukannya dikuntit. Yah, kurasa tidak apa-apa untuk menunjukkan wajahku. Pria yang bernama Cloude tadi sedikit mengintimidasi. Dia begitu jangkung.

“Umm. Magi-san, terima kasih banyak.”

“…jadi dia di situ.”

Cloude menunjukkan ekspresi yang sepertinya kurang nyaman.

“Jadi, apakah kau akan memaafkan mereka?”

“Memaafkan atau tidak, Magi-san sudah mengatakan semua yang ingin kukatakan, jadi tidak masalah.”

“Aku mengerti, aku mengerti. Yun-kun gadis yang baik. Kau membuat Onee-san senang.”

“Kubilang, siapa yang perempuan, aku ini laki-laki.”

“Tidak mungkin gadis semanis ini adalah laki-laki!”

Tiba-tiba Cloude menaikkan suaranya.

Ahh, sepertinya aku mengerti orang seperti apakah Cloude ini. Dia adalah itu. Dia orang yang sama seperti Gantz. Merespon tatapan dinginku, Cloude mulai terbatuk-batuk dan Lyly tersenyum miris.

“Jadi, bisakah kau memperkenalkanku?”

“Hmm. Ini adalah archer yang menjual Bluepot misterius tersebut.”

“Aku Yun.”

“Kalau begitu, Yuncchi ya. Aku Lyly. Karena aku adalah pengrajin kayu, datanglah padaku kalau ingin memesan bow. Aku bosan dengan permintaan yang semuanya tongkat.”

“Aku Cloude. Seorang penjahit yang lebih banyak menangani kain dan kulit.”

Ahh, mereka berdua adalah crafter. Tampaknya mereka tidak punya senjata, seperti itulah. Kupikir mereka adalah sorcerer, mengejutkan.

“Jadi, aku ingin bertanya, apa itu Bluepot?”

Hmm. Semuanya berekspresi serius. Hanya orang yang bertanya yang tidak menyadarinya, tapi perasaan yang tidak pada tempatnya tidak bisa dipungkiri.

Bluepot yang misterius.

Itu adalah sebuah potion yang dijual dengan penitipan di Open Sesame, sebuah toko yang menangani senjata dan armor logam di OSO.

Blue Potion sebanding dengan Mixed Potion, dianggap sangat berguna di versi β karena harganya sangat murah. Akan tetapi, item ini sangat sulit dibuat, karena memerlukan Mixing level 15. Tantangannya begitu tinggi untuk player yang baru memulai versi resmi. Dengan keributan potion awal, tidak ada seorang pun yang akan membuat Bluepot.

Saat ini, harga Potion sudah diatasi tapi terdapat kekhawatiran naiknya harga High Potion, dan kemudian sebuah Bluepot dengan tingkat pemulihan yang tinggi muncul.

Meskipun dia di bawah High Potion, benda ini murah dan mudah dibuat, sehingga para player garis depan menyerbu Open Sesame untuk mendapatkannya.

Dan kemudian seorang pembuat potion misterius muncul bersamaan dengan cerita Bluepot Misterius.

“Kami sedang mencari orang tersebut, tapi… um, aku minta maaf karena menakutimu.”

“Tidak, tidak apa-apa. Jadi, akulah si pembuat Bluepot yang dimaksud itu?”

Itu mengejutkan. Meskipun aku hanya mencampurkan Dried Herbs dengan Blue Jelly Powder.

“Ya, benar. Kami melihat seorang player yang keluar masuk tempat ini meskipun tidak menggunakan senjata dan armor logam, ini aneh.”

Tentu saja, aku memakai bow dan armor kain. Magi-san tidak menjual satu pun dari mereka.

“Yah, aku hanyalah seorang crafter miskin. Aku hanya mencoba mendapatkan penghasilan dengan menjual potion seperti ini.”

“Tapi, aku tidak menyukai ini. Kau, lihat penampilanku?”

“Hm?”

Terdapat cukup banyak kerutan di wajah Cloude. Sejujurnya, tatapannya itu menakutkan. Magi-san nyengir bersenang-senang. Aku melihat ke belakang dan ke depan antara dia dan Lyly, membandingkan mereka.

“Kami adalah crafter. Menurutmu, kenapa kami begitu bersikeras dengan equipment semacam ini?”

“Siapa yang tahu, mungkin untuk meningkatkan status dasarmu?”

Saat aku memiringkan kepalaku sedikit, mata Cloude terbuka lebar.

“Salah! Dari situlah romansa berasal!”

“EH?!”

“Tentunya, bagian untuk meningkatkan status itu penting di dalam game! Tapi, kalau hanya untuk itu, seharusnya cukup hanya dengan menggunakan apa yang sudah ada di dalam sistem game untuk membuat kita menjadi unik. Kita, para crafter mencari apa yang tidak disediakan di dalam sistem game. Sebagai contohnya, kalau kami dipesan untuk membuat pakaian yang begitu ketat, kami akan membuatkannya. Tapi, kalau hanya kostum yang bertujuan untuk menunjukkan payudara, itu akan menjadi vulgar. Tepat, adalah hal penting untuk membuatnya indah, untuk membuatnya menarik. Di situlah romansanya! Kenakan telinga kucing yang dibuat Magi! Gunakan equipment yang dibuat oleh Lyly! Berdandanlah dengan pakaian penuh romansa yang dibuat olehku!”

Bahasa yang kudengar sejak tadi adalah bahasa Jepang. Tapi, aku tidak tahu apa yang pria di depanku ini katakan.

“Karena itu, aku ingin mencoba mengatakan. Kau yang masih memakai equipment pemula—adalah sebuah kesia-siaan.”

“Se-seorang mesum?”

“Yah, Cloude orang yang aneh, tapi ada bagian dari dirinya yang bisa membuatku bersimpati. Bagaimana membuatnya supaya mudah digunakan, bagaimana membuatnya cocok dengan orang tersebut, bagaimana orang tersebut akan memakainya setelah dibuat. Membayangkan hal tersebut rasanya menyenangkan.”

Magi-san berkata begitu. Sepertinya, aku bisa mengerti artinya dengan cara tersebut.

“Aku tidak memikirkan hal semacam itu. Aku hanya membuat potion untuk menjualnya dengan harga mahal.”

“Aku juga sama. Aku hanya membuat apa yang ingin kubuat. Setiap orang berbeda dan itu tidak masalah.”

Lyly melihat ke arahku dengan senyum riang. Ada banyak crafter yang mengatakan berbagai macam hal dan ada bermacam-macam crafter di luar sana.

“Kalau begitu, ayo bicarakan ini. Bukan, bukan pembicaraan. Sekalipun kau tidak membayarnya, sebagai permintaan maaf, aku akan membuatkanmu armor terbaik yang bisa kubuat.”

“Cloude. Kau benar-benar merendahkan dirimu, ya. Hmm?”

“Uuu… To-tolong biarkan aku membuatkanmu armor.”

“Kurocchi sedang bersikap rendah hati.”

“Eh? Siapa yang mengejar Yun bersama-sama dengannya? Lyly.”

“Eh? Aku juga?”

“Tentu, kalian berdua minta maaf. Menggunakan teknologi yang kau punya, ya. Ngomong-ngomong, dia telah memiliki 40k.”

Untuk saat ini, aku merasakan perubahan besar Magi-san jika dibandingkan dengan saat dia mengajarkanku tentang crafting.

“…itu terlalu murah! Setiap potong armor kain harganya 40k! Enam potong untuk bagian atas dan bawah seluruhnya 250k!”

“Siapa bilang, itu hanya untukmu Cloude? 40k, untuk kalian berdua.”

Hiiiiiiiii, Magi-san. Itu kejam.

“Magi-san. Itu terlalu berlebihan, sebuah pembantaian.”

“Ayolah Yun-kun, kau terlalu baik hati. Kalau kau tidak mempercayakan potion tersebut padaku, kau bisa menghasilkan uang sejumlah itu dengan lebih cepat.”

“Tidak, aku ingin uang. Tapi kalau aku, umm, kalau aku terlalu serakah, keluhan adik perempuanku akan semakin parah jadi aku tidak setergesa-gesa seperti itu. Juga, Magi-san menjualnya dengan harga yang masuk akal, bukan. Begitulah. Kalau pada orang ini, maka aku bisa mempercayainya, itulah yang kupikirkan.”

“Kau mengatakan sesuatu yang membuatku senang. Mau bagaimana lagi. Kalian, para pria!”

“”YA!””

Nada bicara Magi-san merendah.

“Kau lolos dengan kesempatan tipis. Berterima kasihlah pada Yun-kun. Tapi tetapi saja, pelaku utamanya, Cloude. Kau akan membuatkan armor seminimal mungkin.”

“Ya, tentu.”

Hmm, 40k per potongnya.

“Ngomong-ngomong, apa saja keenam potong equipment itu?”

“Yang utama adalah kepala, lengan, torso, pinggang, pakaian bagian dalam dan pakaian bagian luar. Ngomong-ngomong, equipment pemula hanya pinggang dan pakaian luar.”

“Oh-ho, kalau begitu pertama-tama yang pakaian luar.”

“Aku mengerti. Bagaimana dengan efek tambahannya? Untuk seorang crafter, DEX akan bagus.”

“Apakah itu pilihan terbaik untuk seorang crafter? Oh, benar. Apakah kau bisa menggunakan ini untuk memperkuatnya?”

Aku mengeluarkan sebuah item dari sudut inventory-ku.

“Aku paham, tentunya untuk melewati Golem, kau harus mengalahkannya setidaknya sekali.”

“Ohhh, Stone of the Earth Spirits. Permintaan lain dengan material langka untuk Kurocchi. Aku cemburu.”

Aku mengeluarkan Stone of the Earth Spirits. Awalnya aku berpikir aku akan di-PK kalau aku menyimpannya, jadi menggunakannya dengan cara ini mungkin adalah sebuah ide yang bagus.
                                                                   
“Kalau kau punya material langka, kalau begitu berikan aku semua uangmu. Aku akan mengabaikan kemungkinan minimal yang didapat dan membuatnya menjadi yang terbaik yang bisa kubuat.”

“Apa tidak masalah? Bukankah 40k adalah harga minimal untuk sepotong equipment?”

“Itu akan hanya mempunyai hasil yang minimal kalau begitu, alasannya adalah karena kurangnya material. Fufufu, kalau begini aku akan bisa menaikkan level juga dan kita akan saling diuntungkan.”

Senyum gelapnya entah kenapa menakutkan. Yah, kalau kau bisa, tolong buatkan.

Aku pergi meninggalkan toko itu, menyerahkan Stone of the Earth Spirits dan semua uangku pada mereka.


Sehari kemudian, aku dihubungi lewat Magi-san.

Aku menunggu armor tersebut selesai dibuat dengan gelisah. Sementara itu, aku melanjutkan membuat potion dalam diam dan melatih Enchant.

Karena kelihatannya tidak ada cukup pill, aku berburu di sekitar kota untuk mengumpulkan Gallstone dan Fur.

Di ladang, aku berubah total menjadi menaman Medical Spirit Grass dan Magical Spirit Grass, dan sepenuhnya membeli herb dari NPC.

Statusku juga berkembang dengan baik.



Possessed SP12
Bow Lv17 Hawk Eyes Lv25 Magic Talent Lv26 Magic Power Lv24
Alchemy Lv15 Enchant Lv28】【Mixing Lv24 Synthesis Lv17
Craftsmanship Lv15 Crafting Knowledge Lv12

Unequipped:
Taming Lv1 Speed Increase Lv7 Discovery Lv5


Dari Medical Spirit Grass, aku membuat High Potion. Dari Magical Spirit Grass, aku membuat MP Potion. Terlebih lagi, dengan melewati proses pengeringan yang sama, aku bisa meningkatkan jumlah pemulihannya. Mungkin karena Mixing-ku rendah, lebih dari setengahnya gagal pada kali pertama, tapi kali ada sekitar 70% kemungkinan untuk sukses.

Produk ini berkualitas tinggi, jumlahnya meningkat dengan menggunakan Alchemy’s Lower Matter Conversion. Meskipun aku cepat dalam mempersiapkannya, aku tidak memastikan dalam jumlah besar. Untuk saat ini, aku menyimpan cadangan berlebih dari potion HP tambahan.

Sebaliknya, kekhawatiranku saat ini adalah aku tidak dapat menaikkan level Synthesis-ku. Tidak lagi perlu untuk membuat Potion sintetis dan aku tidak lagi merasa perlu untuk menaikkannya. Akhir-akhir ini, aku telah membeli anak panah dari toko.

Synthesis kembali menjadi Sense sampah.”

Kalau begini, Synthesis tidak lagi dibutuhkan. Aku harus melakukan sesuatu. Aku berpikir dan melihat pada item tak terpakai di inventory-ku.

“Hmm. Akhir-akhir ini aku tidak lagi melakukan Synthesis dengan tiga item berbeda, bahkan dengan menambahkan potion sudah meningkatkan daya pemulihan. Highpot dan MP Potion levelnya terlalu tinggi, jadi mereka akan gagal. Apakah ada sebuah item… batu?”

Aku mempunyai setumpuk batu berjumlah besar. Bukankah sepertinya sudah ada dua ratus? Benda ini hancur saat aku menggunakan Synthesis danAlchemy pada mereka sebelumnya. Kurasa kemungkinan besar akan sukses saat ini.

“Lebih mudah dengan melakukannya daripada mengkhawatirkannya—— «Synthesis»!”

Hasil dari tiga batu yang digabungkan dengan Synthesis adalah——sebuah Rock (batu besar.

Sebuah batu bulat yang cantik berada di pinggangku.

“Be-berat. Aku harus memindahkannya ke dalam inventory…oh, itu dia, itu dia.”

Karena mereka mengganggu, dan untuk menaikkan level, aku mulai mengubah Stone menjadi Rock. Di tengah jalan, aku menggunakan Alchemy.

Aku mencobanya, tapi gagal. Aku penasaran apakah ada semacam aturan untuk ini. Rock bukanlah batu level tinggi. Aku bertanya-tanya untuk apa ini digunakan.

Ukuran mereka sempurna. Aku akan meletakkan mereka di sekitar ladang. Ini mendadak, tapi dengan begini akan jadi pemandangan yang indah. Akan kubiarkan selusin rock.

Bebatuan kelabu, tanah yang berwarna jingga kekuningan dan herb yang hijau, serta warna kuning dan ungu dari Antidote Grass dan Paralysis Grassmengubah tempat ini terlihat lebih mirip seperti taman bunga daripada ladang.

“Uwaa, jadi terlihat indah. Akan lebih baik membiarkannya sebentar dan menunjukkannya pada Miu nanti.”

Semua orang menertawakan agrikultur, tapi kurasa ini kelihatan indah.

Ada juga dekorasi yang disebut frame. Kelihatannya ini adalah hiasan tambahan untuk screenshot yang diambil. Suatu hari nanti, aku ingin menghias tokoku sendiri.

*pon*. Sebuah suara bergema di kepalaku. Itu adalah Magi-san yang menghubungiku.

“Ya. Yun di sini.”

”Ah, armornya selesai dibuat. Cloude menitipkannya tadi bersama dengan sebuah catatan.”

“Oh, kalau begitu aku akan mengambilnya saat aku mengirim potion.”

”Baiklah. Akan kutunggu.”

Yah, untuk Bluepot aku bisa membuatnya dengan segera dari resep. Selama aku menjalani rangkaian prosesnya, maka akan sama dan perbedaannya hanyalah adanya konsumsi MP yang banyak. Sebagai gantinya, dengan MP sebanyak itu, Magic Power akan naik levelnya. Ini memiliki sisi baik dan sisi buruknya.

“Nah, sudah selesai dibuat, ayo pergi. «Enchant» ——Speed.”

Aku mengubah Sense menjadi Speed Increase dan memasang sebuah enchant pada diriku sendiri sebelum menuju ke kota dalam kecepatan penuh. Meninggalkan kelebatan bayangan kuning di belakangku, aku tiba Open Sesame di dekat pusat kota dalam hitungan menit.

“Magi-san, halo.”

“Ya, ya. Selamat datang. Armornya, ini dia. Juga, ada sebuah layanan katanya.”

Gugup, aku menerima armor tersebut lewat trade screen dengan Magi-san. Ada semacam catatan yang disematkan di dalamnya.

CS No.6 Ochre Creator Outerwear
DEF+16 Additional Effect : DEX Bonus, Auto Repair

“Uwa, ini berbeda dengan armor lamaku, seperti langit dan bumi.”

“Itu benar. Tapi yang paling hebat adalah efek dari Stone of the Earth Spirits.”

Material langka memberikan equipment  sebuah efek tambahan, itulah yang disebut dengan material penguatan yang dapat memberikan efek spesial.

“Efek dari Stone of the Earth Spirits ini adalah Auto Repair. Dengan efek ini, equipment akan menyerap MP untuk secara otomatis memperbaikinya. Sekalipun hancur total, benda ini akan pulih selama ada waktu dan MP, itulah yang tertulis pada catatan tersebut.”

Itu bagus sekali. Kalau rusak, aku tidak perlu membayar untuk memperbaikinya lagi.

“Ahh, itu membuatku senang. Kalau begitu, aku akan segera mencobanya.”

Setelah aku mengeluarkan dan melihatnya, ini terasa seperti mantel berwarna hitam dan kuning-kecoklatan. Ada potongan besar di bahunya yang menampilkan seluruh bahu dan kulitnya, berfokus pada kemudahan bergerak. Ada hiasan yang terbuat dari kulit dan logam keemasan di beberapa tempat. Aku sekarang mengerti sebagus apakah selera Cloude.

Bagian dalamnya sederhana, hitam dan tahan lama. Rasanya nyaman. Saat aku mengenakan mantel kulit di luarnya, bagian dalamnya tersembunyi.

Walaupun aku menyebutnya mantel kulit, kelimannya tidak terlalu panjang. Itu paling panjang hanya sampai menutupi bokongku. Di sekitar pinggang, terdapat sabuk yang bisa kusesuaikan supaya pas dengan badan.

“Ini keren. Aku menyukainya. Tapi apa maksudnya dari CS di namanya?”

“Ah, itu. Crafter bisa dengan bebas mengganti nama dari item yang mereka buat. Dalam kasus Cloude, kalau dia menempatkan ID-nya di situ, artinya dia memiliki kepercayaan diri dengan item tersebut. Itu adalah kependekan dari Cloude Series.”

“Itu memalukan.”

Entah kenapa, ini seperti barang edisi terbatas. Yah, baiklah.

“Kali berikutnya, aku akan mengambil barang darinya secara normal.”

“Pada dasarnya itu memalukan, bukan. Juga, kalau kau menjadi seorang model untuknya nanti, akan ada diskon. Itulah yang tertulis di catatan.”

Uuh, entah kenapa aku punya firasat buruk setelah diminta untuk menjadi modelnya. Orang itu mempunyai cara berpikir yang sama dengan Gantz, dia kemungkinan besar akan membuatku memakai pakaian yang aneh.

“Akan kupertimbangkan.”

“Baiklah. Juga…tidak ada yang lainnya.”

“Begitukah. Kalau begitu, pengiriman Potion.”

Aku meletakkan Bluepot di trade screen.

“Satu Bluepot seharga 500G, 50 untuk 25kG. Kau mengumpulkan banyak uang dalam tiga hari. Bersabarlah sedikit, tidakkah kau mau memiliki toko sendiri?”

“Kurasa. Aku ingin memilikinya suatu hari nanti, tapi yah, hei, hei.”

“Aku paham. Kalau itu terjadi, kau akan menjualnya sendiri. Onee-san akan kesepian.”

“Kalau begitu aku akan sering-sering mampir. Lagipula, mengobrol dengan Magi-san itu menyenangkan.”

“Oh-ho, kau mencoba membuat Onee-san jatuh cinta padamu?”

“Jangan bercanda. Itu benar. Juga, kita juga bisa saling berbicara sebagai crafter, ‘kan”

Saat aku tersenyum, Magi-san membuka matanya lebar-lebar dengan terkejut, dan segera membalas dengan sebuah senyuman di wajahnya.

“Percakapan antar sesama crafter. Kedengarannya menarik. Yah, kalau itu terjadi, aku akan senang kalau kau mau mengirimkan beberapa potion ke sini.”

“Kalau begitu, sebagai gantinya adalah oleh-oleh dari toko ini.”

Kami berdua mengobrol menyenangkan tentang waktu yang belum tiba.

“Kalau begitu, aku akan mencoba membuat sesuatu dengan performa armor ini.”

“Hm? Akan membuat item lagi? DEX-mu meningkat daripada sebelumnya saat kau gagal, jadi mungkin kali ini sukes.”

“Sebelum itu, ada pertempuran. Aku tidak seperti apa efeknya terhadap statusku.”

“Hmm. Kalau kau sudah memastikannya, beritahukan padaku.”

“Baiklah.”

Setelah mendengar itu, aku pergi keluar dari kota, dan menuju ke timur.

Goblin dan Big Boar, di daerah tengah di mana Slime bermunculan. Ada dua macam monster yang muncul, Mill Bird dan Grey Rat. Dalam hal level, mereka dapat disamakan dengan Armadillo dan Rock Crab, tapi di sini, kecepatan mereka tinggi sedangkan pertahanannya rendah.

Mill Bird berputar-putar di udara. Saat aku mendekatinya dalam jarak tertentu, dia memekik dan menyerangku. Dalam kasus Miu, dia menunggu lawan mendekat untuk ditebas dengan pedangnya. Walaupun monster ini menyerangku, dia mengumumkan serangannya dengan pekikan keras dan mudah untuk diperkirakan.

Grey Rat hanyalah tikus besar. Sama sekali tidak lucu. Tikus-tikus itu sebesar anjing kecil. Kalau aku tidak mendekatinya, mereka tidak akan menyerang. Mereka adalah monster yang berhubungan dengan jarak pendek.

Targetku hari ini adalah Mill Bird.

Aku membidik dari jarak jauh pada Mill Bird yang terbang di udara. Kekuatan seranganku tidak tinggi, tapi HP mereka juga tidak tinggi. Setelah aku menembaknya, dia menyadarinya, dan sebelum monster itu mendekat, aku melepaskan tiga anak panah, menjatuhkannya ke tanah.

Tingkat akurasi bow-ku tidak serendah yang orang lain katakan, tapi akurasinya cukup berbeda daripada sebelumnya sekarang.

Aku membidik tanpa susah payah. Tepat, aku bisa membidik pada tempat pilihanku dengan bebas.

Malahan, saat aku membidik ke sayap burung tersebut, penerbangannya terganggu sehingga berakibat pada kehancurannya.

Hanya dengan mengganti armor, ada perubahan sebesar ini.

Dan dengan membidik pada bagian spesifik dari burung tersebut, aku mempelajari bahwa ada perbedaan jelas dalam jumlah serangan yang dihasilkan.

Intinya, kalau aku mengenai kepalanya, itu sudah pasti akan menjadi serangan kritikal. Dengan menyerang kedua sayapnya, aku mengganggu penerbangannya.

“Aku mengerti. Serangan juga ditentukan oleh lokasi yang terkena, juga sepertinya bow memiliki hubungan dekat dengan DEX.”

Hubungan antara bow dan dexterity.

Berkat bonus DEX dari armor, akurasi meningkat. Itu berarti, para archer meningkatkan akurasi mereka dengan DEX.

Alasan kenapa para archer frustrasi sebelumya, adalah biaya performa bow, akurasi dan jarak.

Untuk jarak, cenderung untuk bergantung pada ATK. Untuk akurasi, cenderung untuk bergantung pada DEX.

Biaya performannya berhubungan dengan kemampuan player untuk mengatur keuangan mereka.

Walau tentunya, dalam game ini kemampuan player itu dibutuhkan, bukan berarti tidak ada bantuan. Sesuatu seperti swordsman’s motion assist danmage’s tracking.

Dengan kata lain, bow juga memiliki bantuannya sendiri, tapi semua orang terlalu teralihkan dengan jarak tembak dan tidak menyadari pembetulan akurasinya.

“Kalau begitu, hanya memikirkan otot. Dan karena aku adalah seorang crafter, DEX-ku tinggi. Ironis sekali. Kenyataan bahwa aku mengambil Sense sampah membuatku sampai seperti ini.”

Awalnya aku tidak banyak menaikkan level, tapi saat aku terus melatih apapun, DEX-ku meningkat dan pembetulannya ditambahkan pada akurasiku. Itulah pendapatku.

Itu berarti, kalau aku menurunkan DEX-ku dengan sengaja, maka akurasiku akan berkurang, dan sebagai gantinya, DEX-ku dan pembetulannya akan terus meningkat.

Aku kembali ke armor pemula dan melepas semua Sense yang mungkin berkaitan dengan DEX.

Aku tidak berpikir bahwa aku bisa menembak jatuh burung tersebut tanpa Hawk Eyes. Sekarang, aku akan percaya pada level bow dan memanahnya.

Anak panahnya terbang sejauh 10 meter. Dia tidak melesat sejauh yang biasanya dengan Sense yang terpasang seluruhnya. Anak panah itu tidak mencapai burung tersebut dan setelah membuat lintasan berbentuk parabola, dia jatuh. Benda tersebut mengenai tikus yang sedang menggeliat di tanah.

“Aa…”

Dalam keadaan dengan sebatang anak panah tertancap di punggungnya, monster tersebut datang menyerangku dengan marah.

Aku menarik sebatang anak panah secepatnya dan membidiknya, tapi anak panah tersebut sama sekali tidak mengenainya. Butuh waktu lama untuk memasang Sense dan equipment. Tikus tersebut menutup jarak di antara kami. Karena aku melepaskan Speed Increase dan Enchant, meskipun aku melarikan diri, aku akan tertangkap.

Aku terlibat dalam pertempuran jarak dekat, dan karena seekor tikus, aku kembali ke kota dengan kematian.

“Aduh…mati ternyata begitu menyakitkan. Sudah cukup lama sejak terakhir kali aku mendapatkan serangan, ya.”

Kali terakhir adalah hari pertama saat game dimulai. Meskipun aku melakukan crafting dan memanah dari jarak jauh hingga sekarang, aku mungkin sudah terlalu berlebihan dengan eksperimen Sense.

Tempat aku kembali adalah pusat kota dari Kota Pertama.

Aku telah membuktikannya. Mempertimbangkan kecepatan awal dari herbivore, kalau DEX-nya rendah, maka musuh mungkin akan menghindar dari anak panah.

Aku berdiri dan mengatur equipment.

Karena penalti kematian, aku mendapat waktu santai yang membosankan. Tidak bagus. Aku masih punya waktu.

“Mungkin aku akan log out untuk berbelanja. Bagaimana kalau masakan Cina untuk makan malam?”

Aku menyerah untuk melakukan crafting hari ini, dan dengan patuh log out.

Only Sense Online Jilid 1 Bab 5 Bahasa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MEsato Dev

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.