Sabtu, 27 Juni 2015

Only Sense Online Jilid 1 Bab 2


ONLY SENSE ONLINE
JILID 1 BAB 2
CRAFTING AND ENCHANT

Hari berikutnya aku log in di siang hari. Kau bertanya kenapa? Tentu saja itu karena aku harus pergi ke luar dan membeli bahan makanan, bersih-bersih, mencuci baju dan menghabiskan waktu untuk menyiapkan masakan di pagi hari.

Karena aku juga ingin waktu untuk bermain game, makan siangnya adalah kari dengan sayuran musim panas. Menu yang sama untuk makan malam, tapi aku tidak akan menerima keluhan dari siapa pun.

“Onii-chan, setelah aku menaikkan level Sense Swordku, aku mendapatkan One Handed Swordsebagai hasilnya!”

“Hee, baguslah.”

“Juga, aku menemukan seorang teman baru. Gadis yang kutemui kali ini sangat imut dan sopan.”

“…begitu ya.”

Kau beruntung sekali. Karena kau payah dalam pekerjaan rumah tangga, kau dapat dengan sesuka hatimu bermain game kapan pun kau mau. Tapi apa ini tidak masalah? Kau murid kelas tiga SMP.

Sekalipun sekolah kami adalah tipe yang berkelanjutan, bukan berarti kau bisa mengabaikan belajar, itulah yang kukatakan tapi dia bahkan tidak mendengarkannya, adik perempuanku ini.

Dia berusaha sekuat tenaga untuk hobinya, tapi selain dari hal itu, Miu adalah seorang yang bodoh. Sekalipun dia membuatku khawatir di dunia nyata, kenapa dia begitu bisa diandalkan di dalam game.

Tapi yah, aku adalah seorang pendukung, aku adalah seorang pendukung. Aku mengingatkan diriku tentang hal itu.



Dan aku log in sebagai Yun lagi.

Tempat aku berada adalah safety area di sisi barat. Sekalipun kemarin aku membuat Potion dan Poison dengan Mixing , persediaanku belum cukup. Dan Sense yang kudapat kemarin Craftmanship membutuhkan seperangkat alat poles dan tungku portable.

Perangkat pemoles harganya 300G dan dan tungku portable 800G. Aku sama sekali belum memiliki cukup uang untuk itu sekarang. Bagaimanapun juga, aku perlu menghasilkan uang terlebih dahulu.

Aku masih tidak tahu untuk apa kegunaan Mulch (daun busuk), herb (tanaman obat) dan mushroom (jamur) yang kudapatkan kemudian kukeringkan dengan Recipe, yang membuat Mixing dan Magic Power meningkat levelnya.

Apa yang kupunya sekarang adalah —— Wooden Arrow (panah kayu) x 90, Potion x 25, Beginner Potion x 50, Pebble (kerikil) x 75 dan juga beragam barang lainnya seperti mushroom dan Mulch.

“Hmm. Aku penasaran, mungkin aku akan berhasil mendapatkan sekitar 300G untuk ini? Efeknya sedikit lebih tinggi daripada yang biasanya.”

Sedikit percaya diri, aku keluar dari hutan dan kembali ke Kota Pertama. Di perjalanan pulang, aku melawan beberapa herbivores untuk melatih busurku. Sekalipun aku melawan mereka kemarin tanpa Enchant, sekarang aku dengan mudah menumbangkan mereka sekalipun aku saat ini menggunakan Wooden Arrow.

Tidak, alasan utama kemenanganku adalah Arts «Long Range Shooting». Aku menembakkan panah dari jarak maksimal 15 meter, dan dapat menembak empat kali sebelum musuh mendekat. Sekalipun aku menggunakan lima atau lebih Wooden Arrow untuk menumbangkannya, panah-panah ini gratis. Sekalipun aku gagal, tidak ada pengaruh yang membebani biaya pengeluaran. Panah-panah ini habis dengan cukup cepat, jadi kurasa aku sebaiknya menaikkan Sense crafting-ku.

Aku memasuki kota dengan wajah yang terlihat senang, dan merasakan perhatian yang terfokus padaku. Bukan, mungkin, aku masih memakai equipment pemula dan busur yang dianggap sebuah kekeliruan, itu pasti alasannya mengapa mereka memperhatikanku.

Karena aku merasakan tatapan-tatapan yang menggangguku, aku mempercepat sedikit.

“«Enchant» ——Speed.”

Aku bergumam, dan pergi melewati gerbang barat dengan langkah cepat. Kadang-kadang orang-orang menoleh untuk melihatku, tapi aku mengabaikan tatapan menyebalkan mereka dan tiba di sebuah alun-alun di mana stan-stan bertebaran.

Aku dengan segera melupakan hal sepele sebelumnya. Ke mana aku menjual barang ini, dan aku melihat-lihat stan yang ada.

Sementara aku memeriksa lebih lanjut, tidak semua orang dapat mendirikan sebuah stan. Ada benda-benda yang dibutuhkan untuk membuat sebuah stan, dan hanya mereka yang memilikinya yang terkenal. Terlebih lagi, para crafter dapat menyewa sebuah toko yang sudah ada, menatanya ulang dan membuatnya sesuai selera mereka.

Yah, benda yang diperlukan untuk membuka sebuah stan harganya 10kG (k = ribu), dan menyewa sebuah toko biayanya sebesar 50kG, dan berapa banyak uang yang kau pikir aku punya? 130G.

Ada banyak orang-orang dengan stannya. Beberapa menjual potion, yang lain menjual senjata. Orang-orang yang memiliki stan pada saat ini di game adalah orang-orang yang masih memiliki gold mereka dari versi β.

“Hei, gadis yang di situ. Kau tidak mau melihat-lihat? Aku punya senjata dan aksesoris.”

Seorang wanita dengan kulit berwarna coklat terang, dan rambut yang sedikit kemerahan memanggilku. Dia mungkin sedang membujukku.

Dia memberiku kesan yang membuatku berpikir bahwa aku mungkin dapat berbicara dengannya. Dengan sedikit keberuntungan, dia akan membeli potion dariku. Itulah yang kupikirkan.

“Maksudmu aku?”

“Woaah?! Langkanya, seorang orekko[1].”

Ngomong-ngomong, saat ini aku menggunakan penampilan seorang perempuan. Gawat, karena beberapa lama jauh dari keramaian aku lupa tentang hal itu.

“Tidak, sebenarnya aku adalah laki-laki.”

“Haha, tidak mungkin. Kau tidak bisa memalsukan gendermu di game ini.”

“Ah, itu mungkin karena kesalahan identifikasi mesin. Karena itulah, umm, aku sebenarnya laki-laki.”

“Hee. Jadi kau cukup feminin hingga membuat mesin salah mengidentikasikanmu. Bagus, bagus, itu role play[2]­-mu, ‘kan?”

Uwaa, dia tidak paham. Aku menyerah.

“Wah, selamat datang. Selamat datang di stan Magi-san. Semuanya ada dari senjata sampai aksesoris. Aku adalah Magi si pemilik toko.”

“Hee, kau sudah punya stan. Kau seorang β tester?”

“Itu benar. Kau adalah, umm…”

“Yun.”

“Lalu, bagaimana dengan Yun-kun?”

“Bukan, teman dan saudariku bermain di β dan mengajakku untuk pembukaan resmi.”

‘Ahahaha, jadi kau ingin menjadi seorang archer’ dengan senyum hambar. Sembilan dari sepuluh kejadian, komentar mengerikan itu akan muncul.

“Tapi aku tidak punya busur, kau tahu? Meski begitu, aku bisa menjual padamu beberapa aksesoris untuk menambah kekuatan pertahananmu.”

“Tidak, aku juga seorang crafter.”

“Hee, seorang petarung dengan Sense crafting. Lumayan, aku juga ingin menjadi seorang blacksmith petarung tapi karena menaikkan level Sense crafting jadi terhambat karena bertarung, aku berubah pikiran di versi resmi dan menjadi blacksmith sepenuhnya. Tentu saja, aku bisa bertarung pada level dasar.”

“Begitukah. Karena build Sense-ku dan penggunaan busur, aku kekurangan uang.”

“Ah, aku mengerti. Kau ingin aku membeli barang yang kau buat, ‘kan. Onee-san akan membelinya.”

“Benarkah?! Terima kasih banyak!”

Aku mengejutkannya saat aku berkata demikian sambil tersenyum, Magi-san tersipu sedikit karena malu dan juga tersenyum. Dengan suara kecil dia bergumam ‘gawat, meskipun gender kami sama, ini…” tunggu, siapa yang bergender sama?

Mengesampingkan hal itu, ini adalah bantuan dari surga. Aku membuka layar pertukaran antara aku dan Magi-san kemudian meletakkan barang yang ingin dijual. Magi-san yang semu merah wajahnya sudah menghilang mulai menaksir barangnya. Barang yang kuletakkan di layar pertukaran adalah Potion x25. Aku masih memiliki Beginner Potion untuk diriku sendiri, mereka cukup untuk sekarang.

“Hee, Potion buatan sendiri, ya. Jumlah pemulihannya sangat besar, dengan warna ini harganya sekitar 30G per buah? Yang dari NPC[3] 25G per buah.”

“Umm, 30 kali dua puluh lima…750G?!”

“Yah, itu karena banyak orang yang menggunakan ini. Orang-orang dari garis depan sudah lepas dari Beginner Potion dan membeli Potion dari NPC, tapi karena jumlah yang ada di toko NPC sudah ditentukan dan tidak ada lagi yang bisa dibeli, mereka memborongnya lebih dulu dan dijual kembali di stan-stan dengan harga tinggi. Yah, di antara pemain ada yang menggunakan Recovery Magic sebagai skill utamanya, jadi kelihatannya party dapat selamat dengan bergabung bersama orang-orang tersebut. Nah, sekarang Yun-kun, silahkan jika ada pertanyaan lain.”

Jumlah gold yang kupunya sekarang meningkat menjadi 880G.

…tidak, aku masih tidak bisa membeli sebuah peralatan tungku.

“Um, Magi-san, kau bilang kau membuat aksesoris. Apakah jenis efek aksesoris tergantung dari jenis tungku yang dipakai?”

“Tidak, tidak ada perubahan. Satu-satunya yang berubah adalah jenis logam yang bisa diproses. Sebuah tungku portable dapat memproses besi. Aku dapat membuat barang hingga bahan baja. Jadi artinya Sense Yun-kun adalah Mixing, Synthesis dan Craftmanship ya.”

Ooh, Magi-san adalah pemain yang cukup berpengalaman. Bisa mengira-ngira hanya dengan apa kukatakan.

“Um, aku punya tiga jenis pekerjaan.”

“Kau memiliki Sense yang sulit. Yah, inti dari game adalah untuk bersenang-senang. Jadi Onee-san akan memberimu sebuah saran. Dalam Craftmanship ada skill yang disebut dengan Polishing ‘kan? Tapi kalau mempunyai Craftmanship dan alat-alatnya, kau dapat mengolah sendiri kerikil menjadi permata mentah atau bijih tambang. Dan itu yang disebut——kemampuan menaksir nilai. Karena itulah jika kau dapat menaksirnya sendiri, kau dapat memperoleh bahan untuk membuat aksesoris.”

“Te-terima kasih banyak. Aku akan langsung mencobanya.”

“Yup, yup, lalu bisakah kita saling mendaftarkan sebagai teman? Karena Yun-kun sepertinya sangat menarik.”

Kemudian aku berkenalan dengan Magi-san yang merupakan seorang crafter senior di kota, dan membeli peralatan memoles. Kantongku terasa kesepian ketika aku hanya punya 580G yang tersisa. Kali berikutnya aku membuat Potion, aku akan membeli tungku portable.

Sekali lagi dengan ekspresi senang di wajahku, aku kembali ke safety area di tempatku berburu.

Ketika aku kembali, dengan putus asa aku mulai memoles batu-batu. Sebagai hasil dari penaksiran batu yang kuambil hingga saat ini, sekitar setengah dari mereka hanyalah batu biasa, tapi yang setengah yang lainnya adalah sesuatu yang berharga. Sekalipun aku menemukan dua puluh potong Iron Ore (bijih besi) dari batu yang kuambil, aku tidak dapat mengubahnya menjadi batangan besi tanpa sebuah tungku.

Jadi untuk saat ini, untuk menaikkan level Craftmanship-ku, aku memoles permata-permata dengan peralatan memoles.

*grind* *grind* *grind*... sebuah suara bergema di hutan yang sunyi. Dan ketika aku memotongnya sedikit, batu permata yang indah muncul dari balik permukaan batu. Batu seukuran kepalan tangan menjadi sekitar 3 sentimeter panjangnya ketika aku memoles sebagian besar bagiannya. Namanya adalah——[Peridot Gemstone (Medium).

Kelihatannya di area ini satu-satunya benda yang dapat dikumpulkan adalah Peridot. Tidak peduli berapa banyak yang kupoles, semuanya adalah Peridot.

Jika aku mencari di area lain, aku mungkin dapat menemukan batu permata lain. Tidak, bagaimana jika mencari seseorang yang menjual dan membeli batu permata? Tidak, bahkan apakah ada orang yang menjualnya? Tidak ada.

Lagipula, itu tidak masuk akal karena aku tidak punya uang. Memerlukan uang untuk mendapatkan uang adalah sulit.

“Dengan kata lain, tidak ada pilihan selain memolesnya sendiri.”

Yah, aku dapat menggunakan skill Polishing-nya Craftmanship, tapi itu akan menjadi Peridot (Minimal). Biasanya semakin kecil batu permata, semakin kecil nilainya. Terlebih lagi, jika aku menyerahkannya pada skill, kemungkinan polesan yang gagal meningkat. Dan karena level skill rendah, maka kemungkinannya semakin besar.

Karena itulah aku dengan hati-hati memoles lusinan batu. Sekalipun begitu, beberapa dari mereka retak. Jika itu terjadi, barangnya menghilang dan menjadi hasil crafting yang gagal.

Makan waktu 3 jam untuk memoles semuanya. Saat aku selesai memoles semua batu, aku mendapatkan tiga potong ukuran sedang dan tujuh potong ukuran kecil. Sisanya menghilang.

Kalau aku ingin memoles lebih dari ini, aku perlu membeli alat pemoles dengan tingkat yang lebih tinggi.

Namun, berkat itu Polishing, Craftmanship dan Crafting Knowledege sama-sama meningkat 5 level.

Semua Sense-ku level rendah, tapi aku terus melanjutkan langkahku dan sama sekali tidak merasa ketidak sabaran.

Berikutnya, aku ingin mencoba Synthesis dan Alchemy.

Aku memegang Iron Ore di tanganku. Ada kemungkinan untuk mengubah ini menjadi batangan besi tanpa harus memakai tungku.

Sebuah metode menggunakan Matter Conversion dari Alchemy untuk mengubah Iron Ore menjadi Iron Ingot.

Misal sekalipun tidak ada tungku, itu tidak berarti tidak dapat membuat batangan besi, kemungkinannya untuk dapat mengubah bijih menjadi batangan tidak dapat diabaikan. Dan jika tidak cukup, aku hanya perlu untuk mengambil lebih banyak batu.

Dan kemudian aku mengubah semua Iron Ore yang kudapat dengan Alchemy.

Iron Ore x 20 ke Alchemy!”

Untuk sesaat ada sebuah cahaya putih yang memancar, dan hasilnya adalah sesuatu yang tak terduga.

——Fine Iron Ore.

Seperti yang digambarkan namanya, ini adalah sebuah Iron Ore. Yang bagus dan ada dua dari mereka. Kenapa kualitasnya meningkat? Kelihatannya batangan logam adalah orang-orang yang baik Smith atau Craftsmen monopoli. Aku akan berkonsultasi dengan Magi-san mengenai Fine Iron Ore ini nanti.

Tidak bisakah aku menggunakan Syntehesis seperti ini? Jika aku dapat menciptakan sebuah barang yang dapat digunakan saat itu juga, aku tidak akan boros.

Sekalipun ini hanyalah imajinasiku, aku mungkin akan dapat mengubah tingkatan anak panah dari Wooden Arrow menjadi Stone Arrow.

Aku mencobanya dengan sebuah batu dan sebatang anak panah. Setelah memancarkan cahaya, hasilnya memang sebatang anak panah batu. Jika teoriku benar, maka dengan mengganti batu dengan besi atau perak, akan mungkin untuk meningkatkan tingkatan anak panah. Meskipun biayanya mungkin terlalu tinggi untuk barang sekali pakai, tapi jika anak panah batu, maka keseimbangan antara kekuatan serangan dan biayanya mungkin bisa diterima.

“Nah sekarang, melakukan produksi massal.”

Aku dalam suasana hati yang bagus dan mencoba untuk membuat sebatang panah batu dari Recipe, tapi tidak dapat menyatukannya.

Recipe-nya adalah: sebatang Tree Branch (dahan pohon), Feather Crow (bulu gagak), dan yang ketiga Stone. Akan tetapi, aku tidak dapat menggunakan resepnya sekarang.

Kenapa aku tidak bisa menggunakannya. Tiga… ah, alat untuk synthesize pemula hanya dapat menyatukan sampai dua bahan.

Tentunya, di antara benda yang tertulis dalam daftar, dua dari mereka tidak dapat dibuat. Dengan kata lain, melakukan Synthesize dari sebuah Recipe adalah mustahil kecuali aku membeli alat yang lebih baik.

“Biaya lagi! Ehh, merepotkan sekali. Aku tahu aku dapat berhasil dengan Wooden Arrow jadi ayo lakukan synthesizing!”

Di tengah-tengah jalan, aku mulai mengeluarkan suara putus asa, aku mengubah Wooden Arrow menjadi Stone Arrow. Aku juga menaikkan jumlah produksi Wooden Arrow, aku sekarang mempunyai dua set Wooden Arrow dan satu set Stone Arrow. Aku menyimpan jumlah yang cukup.

“Tapi, benar-benar disayangkan anak panah itu sekali pakai. Seorang archer tidak akan tahan jika dia harus membuat anak panah yang terbuat dari benda seperti Mythril, dan ini tidak cukup kuat. Bagaimana jika menyatukan dahan-dahan pohon? Tapi dari kayu yang lebih berkualitas, benda seperti busur dibuat, ‘kan.”

Aku mengeluh pada diriku sendiri dengan tidak yakin.

“Mungkin sama seperti Iron Ore yang sebelumnya, anak-anak panah ini mungkin dapat berubah menjadi yang bagus tanpa mengubah materialnya.”

Aku tidak akan tahu sampai aku mencobanya. Dan aku menggunakan Alchemy pada seluruh set Wooden Arrow.

Kumpulan anak panah tersebut diselimuti cahaya.

Setelah selesai, terdapat tiga batang anak panah. Kumpulan dari tiga puluh anak panah menyusut menjadi tiga, apa yang terjadi dengan usahaku! Sekalipun aku ingin berteriak, aku tetap sabar dan memeriksa barang tersebut.

Wooden Arrow+ 10 Consumable.

Apa maksud dari angka ini? Sekalipun aku akan senang jika kekuatan serangannya meningkat meskipun sekali pakai, tapi tidak ada tambahan lain selain dari itu. Ayo mencoba menembakkannya. Dengan menggunakan gerakan dasar, aku menarik busur dan melepaskannya seperti yang selalu kulakukan.

Aku yakin bahwa anak panah tersebut menancap di pohon tersebut. Sepertinya tidak terlihat bahwa kekuatan serangannya lebih tinggi.

Aku mendekati pohon itu dan memastikannya. Anak panah tersebut telah menghilang.

“Haa~. Tetap saja sekali pakai, ya. Busur benar-benar sulit untuk digunakan.”

Ketika aku mengatakan hal tersebut dengan bingung, aku menyadari bahwa ada sebatang anak panah di tabung yang ada di bahuku. Eh? Anak panah tersebut yang seharusnya sudah menghilang, berada di dalam tabung, angkanya adalah +9.

Tidak mungkin, pikirku. Aku mengambilnya dari tabung dan menembakkannya dengan cara yang sama. Anak panah yang menghilang telah kembali.

“INI DIA ARCheRYyyyyyyyy!”

Ini adalah penemuan besar. Barang sekali pakai, dapat kembali dengan menghabiskan angkanya.

Biaya pengeluaran memanah dan juga masalah mengisi ulang telah berkurang‼ Uoo! Dengan begini aku bisa menang, pikirku. Ayo buat Iron Arrow berikutnya.

Untuk dapat menyiapkan satu anak panah +10, jumlah yang dibutuhkan adalah 300. Memperhitungkan jumlah tersebut dalam Gold, itu berkisar 300G. Jumlah itu tidak hanya menyiksa bagi para pemula, hal itu juga tidak dapat dilakukan tanpa Sense Alchemy! Jika mereka menggunakan Sense yang berbeda, kebanyakan orang tidak akan repot-repot memperkuat anak panah sekali pakai.

Kalaupun ada, tidak banyak orang.

Dengan kata lain——

Seperti biasa, archer adalah orang yang tidak beruntung. Mereka tidak dapat bertempur dengan baik kecuali mereka memiliki crafter yang membantu mereka.

Yah, aku bisa melakukannya sendiri dan seharusnya baik-baik saja jika aku menaikkan Sense-ku sendiri. Terlebih lagi, aku telah menemukan sebuah kemampuan tersembunyi dari Sense Bow. Kemampuan mengembalikan anak panah. Tidak perlu lagi kerepotan untuk mengambilnya lagi. Kurasa ini setara dengan level skill tracking dari sihir dan motion assist dari swordsman. Aku merasa bersyukur untuk ini.

Ini benar-benar fantasi.

“Yup. Mengetahui hal ini, kelihatannya aku tidak perlu lagi mengisi ulang saat pertempuran. Memilih menjadi seorang archer mungkin menjadi hal yang menarik.”

Sendirian di dalam hutan, aku tersenyum lebar dan setelah memeriksa statusku, aku log out.


Possessed SP1
Bow Lv7 Hawk Eyes Lv13 Magic Talent Lv9 Magic Power Lv10 Alchemy Lv4 Enchant Lv8】【Synthesis Lv6 Mixing Lv6
Craftsmanship Lv5 Crafting Knowledge Lv5

Unequipped:
Taming Lv1






Setelah aku dan Miu log out dari game, kami makan malam dengan kari dan bertukar informasi satu sama lain. Walau kukatakan begitu, kebanyakan informasi datang dari Miu, dan aku hanya menyesuaikan.

“Hei, dengar Onii-chan.”

“Apa, curhat lagi?”

“Yup. Yah, kurasa? Stan pengecer potion telah terjual habis. Satu potion yang seharga 50G sekarang naik tiga kali lipat dari harga umumnya. Potion-potion tersebut cukup langka sampai-sampai orang membelinya seharga 500G.”

“Aku tahu. Jumlah potion yang dijual oleh NPC sudah ditentukan, ‘kan?”

“Yupyup, jadi kau tahu.”

“Aku telah mendengarnya. Juga, aku sendiri seorang crafter, mungkin aku sebaiknya terus menjual potion untuk sementara ini?”

“Kau benar-benar kekurangan uang?”

“Aku menyingkirkan Taming dan mengambil Craftmanship sebagai gantinya, tapi aku memerlukan peralatan tungku dan pemoles.”

“Kenapa kau malah memilih yang memerlukan banyak biaya?”

Dia berseru mengeluh *boo*. Tapi, saat aku menemukan jenis batu permata apakah setelah memolesnya, aku merasakan perjuanganku terbayar.

“Walau begitu, Alchemy; Synthesis; Mixingdan Craftmanship semuanya adalah Sense crafting. Biasanya orang yang mengambil crafting berdasarkan bahan yang ditangani, tidak menaikkan levelnya dengan tidak efisien seperti ini?”

“Bukan begitu. Aku membuat Beginner Potion dengan herb yang kukumpulkan di barat, kemudian menggunakan Synthesis untuk membuatnya menjadi potion. Aku menaksir batu-batu dengan Craftmanship untuk membedakan antara Iron Ore dan Gemstone (batu permata), kemudian menggunakan Matter Conversion pada bahan yang tersisa untuk menaikkan Alchemy, kau tahu?”

Uwaa, walaupun aku berkata aku telah menguasainya, ini memalukan. Aku masih punya bahan sisa dari Alchemy, yaitu Fine Iron Ore, dan aku juga tidak tahu apa kegunaan dari Bone, Mulch, dan Gallstone.

Omong-omong soal itu, Miu adalah seorang β tester juga. Ayo coba bertanya.

“Hei, untuk apa mulch dan bone digunakan di dalam game?”

“Um, pertanian sepertinya?”

“Pertanian?”

“Ya, ada lahan-lahan yang dijual di distrik selatan kota, para pemain dapat menumbuhkan item tipe tanaman di sana dan memanennya setelahnya. Tapi karena kebanyakan pemain tidak punya benih untuk ditanam, mereka tidak dapat melakukannya. Karena itulah tidak ada yang pergi ke sana.”

“Hmm. Lalu, bagaimana dengan Gallstone dan Medicine Stone?”

“Onii-chan tidak mencoba menggunakan Sense Mixing pada benda-benda itu? Jumlah pemulihan yang dimiliki Pill itu lebih besar daripada Beginner Potion dan mereka membutuhkan lebih sedikit bahan untuk dibuat daripada Potion.”

Itu artinya Bone Powder adalah perubahan-turun dari Bone? Dan Pill memiliki pengaruh yang sama atau bahkan lebih tinggi dari Potion, atau malah, keduanya dapat dianggap sebagai seri item yang berbeda. Dan untuk Pill aku sebaiknya menggunakan kualitas Medicine Stone yang lebih tinggi.

“Hmmhmm. Itu sangat membantu. Aku berpikir untuk mencoba berburu sesuatu, tapi sekarang ada sesuatu yang ingin kucoba dengan Mixing.”

“Baguslah kalau Onii-chan menikmati game ini, tapi adikmu ini menyayangkan ketidakmampuanmu.”

Game adalah sesuatu yang harus dinikmati, itulah yang kau katakan. Aku tidak ingin terlalu terburu-buru.”

Aku mengabaikan nasihat terus terang adikku dan sementara aku mengerjakan pekerjaan rumah, aku memeriksa berbagai kemungkinan.

Sebuah metode untuk mendapatkan benih. Pasti ada cara yang belum dicoba.



Setelah log in, hal pertama yang kulakukan adalah membuka layar Alchemy. Di layar Alchemy ada Higher Matter Conversion dan Lower Matter Conversion dari Alchemy.

Untuk Matter Conversion, aku merasa ada urutan perubahan untuk setiap bahan.

Alchemy hanyalah alkemi di namanya saja, besi hanya dapat diubah menjadi besi yang berbeda. Itu hanya dapat menjadi FineIron. Dengan kata lain, namanya adalah sebuah penipuan.

Dan ketika meningkatkan kekuatan anak panah menjadi kualitas lebih lewat Higher Matter Conversion, namanya sendiri tidak berubah sementara hanya jumlah pemakaiannya saja berubah.

Pada akhirnya, ada kemungkinan tumbuhan juga mempunyai jenis lain dari Higher Matter Conversion.

Aku mencoba sepuluh herb pada Alchemy. Dan seperti yang kuduga, yang muncul adalah Fine Herbs.

Dengan kata lain, begitulah cara kerjanya. Dan jika itu hasil dari perubahan tingkat tinggi, maka mendasarkan pada nalar dan menggunakan Lower Matter Conversion, tanaman-tanaman tersebut akan——berubah menjadi Seeds (benih).

Itu berarti aku dapat membudidayakannya sendiri, dan itu membuatku lega dari dalam hatiku.

Jika dapat berubah menjadi bahan, aku akan dapat menyiapkan stok banyak dengan Mixing.

Kemudian aku mencoba mengubah Fine Herbs, dan hasilnya adalah dua herb seed. Kualitasnya tertulis pada nama tanaman tersebut.

Pada bagian bawah benih tertulis bahwa efeknya lebih besar.

Akan tetapi, bagaimanapun juga ini hanyalah Herb.

Untuk mengumpulkan sejumlah banyak herb dan membuat Potion buatan berkualitas tinggi, aku memerlukan dua lusin Herb untuk digunakan.

“Dapat membuat Seed dengan Alchemy, benar-benar sebuah fantasi. Tidak, terasa nyata mengingat fakta bahwa tipe bahannya tidak dapat diabaikan.”

Fuuh, aku menggunakan sejumlah besar Gallstone, tapi setelah mencampurnya dengan Herb, aku membuat Beginner Pill.

Jika prinsip yang sama berlaku, maka ini seharusnya menjadi perubahan-naik dengan menggunakan dua item dengan Synthesis. Juga, Medicine Stone adalah perubahan-naik dengan Gallstone, sama seperti Herb adalah perubahan-naik, perubahan-turun Pill setara dengan Fine Herb.

Kalau begitu, waktunya akan lebih efektif dengan membuatnya dari item tahap awal, masih ada kemungkinan bahwa tahap berikutnya dapat dibuat dari Recipe.

“Dengan mengetahui garis besar aturannya, aku dapat menggunakan rangkaian Alchemy untuk menciptakan berbagai item. Setelah mendapatkan benih, besok aku sebaiknya pergi untuk melihat lahan. Dan malam sebelum itu, berburu.”

Menyiapkan busur dan anak panah, aku berjalan melewati hutan sambil melakukan Enchant pada diriku sendiri. Sementara sibuk mengumpulkan item, aku mencari-cari musuh. Pada siang hari, tidak peduli bagian hutan manapun yang kudatangi, hanya ada kerumunan sejumlah besar monster.

Pada malam hari, ada Wild Dog (anjing liar) dan Bat (kelelawar) yang terbang dalam kegelapan, tapi berkat penglihatan malam Hawk Eyes aku dapat melihat mereka dengan jelas pada malam hari sebagai tambahan penglihatan jauh, yang memungkinkanku untuk menumbangkan mereka sebelum mereka mendekat.

Bat dan Wild Dog itu lemah. Pada dasarnya, dalam kegelapan mereka melakukan serangan mendadak pada pemain untuk dapat melukai mereka dengan parah dan mengalahkannya, tapi bagiku mereka adalah mangsa mudah dan tak berarti apa-apa.

Sihir cahaya Light Element juga memungkinkan seseorang untuk bertarung dengan benar, tapi tidak ada seorang pun yang akan datang ke tempat ini untuk bersenang-senang. Aku bilang bahwa keseimbangan monster di sini buruk, jadi itu artinya bertempur di lingkungan seperti ini terlalu sulit bagi para pemula.

Sebenarnya, mempertimbangkan seseorang dapat berburu dalam kegelapan, itu berarti dungeon sama gelapnya.

Dari kelelawar aku mendapatkan Poison Blood. Hei hei, jadi aku dapat membuat racun dari ini, dan ketika aku berpikir begitu, sebuah Recipe muncul. Aku dapat membuat Poison baik dengan Herb maupun Poison Blood. Pada dasarnya, poison adalah sesuatu yang kubuat saat gagal membuat potion.

Juga, aku dapat membuat Antidote Potion (penawar racun) dengan mencampur Potion dan Poisoned Blood. Dengan kata lain mengalahkan racun dengan racun? Yah, kelihatannya bagian lain dari sistem.

Dan dari Wild Dog aku mendapatkan Fang (taring) dan Dog Fur (bulu anjing).

Benda-benda ini sudah jelas dipakai oleh orang-orang dengan tipe crafting berbeda. Lihat, kulit dapat dipakai menjadi Leather Armor dan Fang untuk menghias senjata.

Monster-monster terus bermunculan ketika aku mengalahkan mereka. Dan karena aku berburu sendiri, jumlah drop item yang kudapat mengagumkan. Meskipun aku mengalahkan mereka tanpa kesulitan, kurasa akan sulit bagi orang-orang yang tidak terbiasa.

Juga, aku mengetahui ketika berburu bahwa cahaya Enchant bersinar dalam kegelapan. Kelihatannya itu memberitahukan musuh tentang posisiku. AI[4] monster-monster ini sangat bagus, sehingga mereka dengan segera menemukan pemain seperti itu.

Eh? Entah bagaimana aku merasa peranku telah bergeser menjadi seperti Archer Assassin ketika malam hari.

Yah, karena aku adalah seorang crafter, kurasa ini adalah hal bagus untuk melakukan taktik kejutan karena aku tidak bisa bertempur dari depan.

Malam semakin larut, aku akan tidur dan melanjutkannya besok.



Pagi berikutnya, meskipun aku telah datang ke kota dengan niat untuk menyewa lahan dengan segera, aku pertama-tama perlu menyiapkan dana perang.

Hari ini aku mempunyai Potion x 30, Pill x 15 dan mencoba menyediakan Antidote Potion x 5. Yah, jika Potion-nya saja yang terjual aku sudah cukup puas.

Pada hari ini aku merasakan tatapan aneh padaku, tapi aku memakai enchantment dan memasuki gerbang dengan secepatnya, aku menuju tempat di mana aku menemukan Magi-san kemarin. Aku menemukan Magi-san di tempat yang sama di sebelah sebuah stan dan memanggilnya.

“Halo, Magi-san.”

“Yun-kun! Terima kasih kemarin telah menjual potion padaku!

Itulah hal pertama yang dia katakan dan dia mengambil tanganku dengan paksa hingga membuat dadanya berguncang dan mengucapkan rasa terima kasihnya. Meskipun, memegang tangan seorang perempuan sedikit memalukan dan mengejutkan. Setelah memegang tanganku sebentar, dia menjadi tenang, apa yang terjadi?

“Berkat Yun-kun menjual potion padaku, setelah aku menawarkan harga yang pantas pada pemain garis depan, mereka juga membeli aksesoris dan senjata juga potion-potion tersebut. Sekalipun kemarin aku berpikir ‘ini tidak bagus ~’.”

“Oh, jadi begitu. Baiklah, apa kau mau membeli beberapa hari ini? Aku menyiapkannya.”

“Yupyup. Toko Onee-san sebenarnya menjual senjata dan aksesoris, tapi aku dapat menjualnya bersamaan dan membuatnya menjadi stan umum.”

“Kalau begitu, silakan.”

Ketika aku meletakkan Potion, Pill, dan Antidote Potion di layar pertukaran, aku terkejut dengan ekspresi gembira Magi-san.

“Waa, terima kasih telah membawakanku banyak item. Dan Pill pada saat ini adalah obat terbaik yang bisa dibeli di kota ini karena jumlah pemulihannya cukup besar. Sedangkan untuk Antidote Potion, sekalipun ada orang yang memiiliki Mixing dan Synthesis di β test, di versi resmi tidak ada orang yang melakukan itu, jadi tidak ada Antidote Potion.”

“Begitukah. Berarti aku beruntung.”

“Yupyup, jadi, Potion 35G, Pill 70G, Antidote Potion 70G, totalnya 2450G.”

“Hei, tunggu. Harga Potion naik jika dibandingkan kemarin. Harganya 30G.”

“Kemarin aku membelinya dengan seharga 60% dari harga jual. Aku akan membelinya 70% kali ini. Kau tahu, jika aku menjual ini aku bisa mempromosikan tokoku, pasti terjual dan orang-orang akan berpikir aku memiliki harga yang masuk akal. Juga, kau juga perlu uang ‘kan?”

Magi-san nyengir seperti kucing cheshire[5]. Aku tidak dapat menyangkalnya dan aku membutuhkan uang. Aku memikirkan lahan pertanian, tungku portable dan alat synthesis dengan level yang lebih tinggi. Ketika kulihat, biayaku masih belum cukup untuk itu semua.

“Yah, jika Yun-kun bilang begitu, 60% dari harga…”

“Maaf! Tolong tetap dengan harga yang tadi!”

“Yup yup, reaksi yang sangat jujur itu membuat Onee-san terkesan. Terlebih lagi melihat seorang gadis imut sepertimu yang kebingungan itu menarik.”

Bukan, aku ini laki-laki. Jadi dia berpikir aku adalah seorang perempuan. Tapi, bukankah dia memegang lenganku tadi untuk melihatku bertingkah malu? Tidak, aku rasa dia tidak akan melakukan hal itu, ya ‘kan.

Ketika aku melihat Magi-san yang tersenyum lebar, keraguanku lenyap.

“Terima kasih untuk penjualannya.”

“Ya ya. Ini dia uangmu. Kalau kau menaikkan Sense-mu lagi, aku akan membeli itemnya darimu.”

“Tolong bantu aku pada saat itu. Oh, iya. Aku hampir lupa. Apa kau bisa memeriksa benda ini?”

Pada jendela pertukaran, aku meletakkan Gemstone dan Fine Iron Ore yang kubuat kemarin.

Setelah memeriksanya, ekspresi Magi-san yang berubah menjadi serius dalam sekejap. Dia berbisik padaku.

“…Yun-kun. Di mana kau mendapatkan ini?”

“Kau tanya di mana, aku mendapatkannya dari hutan di sebelah barat biasanya.”

“Tidak, untuk batu permatanya, jika dipoles dengan seksama mereka dapat menjadi seukuran ini. Jika Sense-mu menyusutkan rasio kerusakannya, karena batu-batu ini hanya berukuran sedang, tidak ada masalah sama sekali.”

Oh, aku mendengar sesuatu yang bagus. Jadi artinya aku akan dapat memproses lebih banyak permata dengan menggunakan Skill.

“Masalahnya adalah Iron Ore, Fine Iron Ore ini. Terlebih lagi ini dikumpulkan dari barat. Kota ketiga——disebut Kota Tambang——sampai kau mencapai dekat tambangnya, kau tidak bisa mendapatkannya. Apalagi, ini adalah drop item langka dari Sandman yang ada di bagian terdepan penggalian. Ini biasanya didapatkan dari monster level tinggi tipe Golem. Jangan bilang lelucon seperti ‘Aku mengalahkannya seorang diri’, oke? Satu Sandman sama kuatnya dengan Big Boar dari timur.”

Tidak, aku tidak tahu seberapa kuat Big Boar.

“Tidak, tidak, bukan seperti itu. Aku membuatnya lewat High Matter Conversion Alchemy.”

“…Aku mengerti. Jika kau membuatnya dengan Alchemy, itu meyakinkan.”

Ah, aku meyakinkan dia.

“Jadi, apa yang mau kau lakukan? Jika Yun-kun tidak akan menggunakannya, aku bisa. Fine Iron Ore dan Iron Ore biasa adalah dua item yang berbeda tipe, hanya dengan dua dari mereka, kau tidak bisa membuat apapun.”

“Eh, serius?”

“Yang bisa dibuat dari lima batangan adalah senjata, tiga batang untuk One Handed Sword dan lima untuk Two Handed Sword.”

“Jadi itu artinya dengan menghabiskan 10 Iron Ore, kau bisa membuat satu Fine Iron Ore, itu berarti satu Fine Iro Ingot sama dengan 50 Iron Ore. Itu benar-benar menyusahkan. Jadi, apakah Fine Iron Ore mahal?”

“Tidak, tidak sama sekali. Akan tetapi, jika senjata yang sama dibuat dengan Fine Iron, kualitasnya akan lebih baik dan perbaikan sedikit pada kemampuan muncul. Tidak ada artinya membeli Iron Ore, dan akan menjadi kerugian besar. Pertama-tama, sekalipun aku memiliki satu batangan, yang dapat kubuat darinya hanyalah sebuah aksesori. Juga, dari satu batangan, aksesori yang bisa dibuat hanyalan cincin, untuk gelang kau memerlukan dua batangan.”

“Begitukah. Kalau begitu silakan membelinya. Aku akan membuat lebih nanti dan membawanya.”

“Oke, aku ingin mempopulerkannya di pasaran sehingga aku bisa bangga mempunyai equipment berkualitas.”

Aku memeriksa layar pertukaran dan memilih Fine Iron Ore. Dan jumlah uang yang diletakkan di layar pertukaran, adalah 400G. Hei, ehh?

“Magi-san, kau serius?”

“Tidak, harganya 100G untuk satu Iron Ore. Jadi seluruhnya 200G, harga jual ke NPC sekitar setengahnya, jadi kupikir ini adalah harga yang pantas untuk saat ini? Yang setengahnya lagi adalah pembayaran untuk menjadi rekan.”

“Aku mengerti. Magi-san sepertinya punya banyak uang.”

“Yup, karena aku berhasil di β, aku akan dapat segera membeli sebuah toko.”

Aku tidak iri, aku tidak iri, aku terus menggerutu.

“Yah, selama kau untung.”

“…ya.”

Entah kenapa aku tidak merasa puas, tapi baguslah jumlah uangku telah meningkat.



“Ingin membeli sebuah lahan? Yang termurah harganya 3000G.”

“Eh?”

Seorang pria dengan topi jerami mengatakan demikian. Tentu saja dia adalah seorang NPC, kelihatannya dia sedang menjelaskan pada orang bagaimana menanam dan menumbuhkan tanaman di lahan.

“Hampir tak ada pembelinya sekarang, jika ada pembeli, harganya akan naik. Lebih baik kau membelinya sekarang.”

Tidak, sekalipun aku diberi tahu sesuatu yang se-realistis seperti itu dalam game, aku akan kesulitan. Akan tetapi, di distrik selatan yang luasnya seperti lapangan bola, ada sedikit orang.

“Aku mengerti. Tolong berikan aku yang paling murah.”

3000G dari inventory-ku menghilang. Ahh, uangkuuu…

“Ini, sertifikat tanahnya. Di sini tertulis lahan mana yang menjadi milikmu. Juga, untuk mengolah lahanmu, kau memerlukan peralatan seperti sekop dan cangkul. Memerlukan biaya lagi 300G.”

——Kau pasti bercandaaaaaa‼

Aku hampir tidak punya uang yang tersisa! Tapi aku tidak bisa menanam herb jika aku tidak punya alatnya.

Aku merasa tersiksa. Itu membuatku menggertakkan gigi.

“Sama saja.”

Pada akhirnya, aku membelinya. Pikirkan saja ini sebagai investasi awal. Ya, sebuah investasi. Jika aku melakukan Mixing, aku akan mendapat lebih dari 2000G. aku akan segera mendapatkannya. Aku hanya dapat berpikir seperti itu.




Aku segera pergi ke lahan yang kubeli, tapi apa-apaan kerja keras ini, aku sudah cukup menerimanya.

Aku menggali di tanah yang keras dan kasar itu dengan sebuah sekop dan mengolahnya dengan cangkul.

Bahkan di dalam game pun ini adalah kerja keras. Sial.

“Haa, haa…ayolah, apa ini.”

Ketika aku meningkatkan kecepatanku dengan enchant, kecepatan menyekopku juga meningkat. Meskipun ini adalah sebidang kecil lahan, hatiku hampir hancur ketika aku menanam benih.

Terlebih lagi, hanya dengan menebar benih, aku tidak akan mendapatkan item kualitas tinggi.

Si NPC berkata bahwa aku harus mencampur bermacam hal dengan tanah. Dengan kata lain, Mulch, Wildflower, Bone Powder dan Bone. Pupuknya.

Berikutnya, aku mencampur tanah dengan Mulch yang sudah pasti kuambil dari hutan, menyebarkan Wildflower di sekitar dan pada akhirnya aku mencampur Bone Powder dan  Bone dengan tanah. Itu menghabiskan waktu yang cukup banyak.

Dan aku menyadari pertumbuhan Sense di statusku.



Possessed SP3
Bow Lv9 Hawk Eyes Lv16 Magic Talent Lv11 Magic Power Lv14 Alchemy Lv5 Enchant Lv13】【Synthesis Lv8 Mixing Lv8
Craftsmanship Lv5 Crafting Knowledge Lv6

Unequipped:
Taming Lv1



Walaupun aku memeriksa levelku sebelum meninggalkan hutan, aku tidak ingat melakukan tindakan apapun yang berkaitan dengan Mixing. Dan tetap saja itu meningkat, yang berarti sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan lahan ini.

Entah bagaimana, aku penasaran apakah dengan mencampur Bones dan Mulch dengan tanah sebagai pupuk dapat diartikan seperti itu. Jika itu yang terjadi, aku bisa menyetujuinya. Juga, apa yang bertambah pada resep yang kupunya adalah Fertilizer (pupuk). Dengan kata lain, itu terhitung sebagai sesuatu yang dibuat olehku. Hmmm. Itu mencurigakan. Hal itu bisa dipersiapkan tanpa alat apapun.

Akan tetapi…yah, sudahlah.

Pada akhirnya, aku menaburkan benih dan selesailah. Ada 20 tempat untuk menebarkan benih di lahan yang dibeli seharga 3000G. Herb kelihatannya dapat dipanen setelah satu hari. Fantasi lagi, eh.

“Hmm. Selesai. Oh, sebuah panggilan.”

Dengan suara *pon*, sebuah nama dari orang yang kudaftarkan sebagai teman muncul——itu adalah Taku.

“Ada apa?”

”Um, kau ada waktu? Jika ya, ayo berburu. Dalam party.”

“Tidak masalah, tapi di mana?”

”Kita akan berburu Big Boar di timur. Yun, jangan khawatir soal levelmu dan ikutlah.”

“Hei, kau sudah memutuskan bahwa aku akan ikut?”

Tidak apa-apa. Yah, kuakui. Kami ada masalah dengan kekurangan potion.”

“Aku mengerti. Kalau begitu, tunggu aku di gerbang timur.”

”Baiklah.”

Hmm, berburu Big Boar ya. Itu artinya mereka berada pada level Sandman yang ada di area penambangan di barat.

Aku sedikit tertarik. Aku memastikan equipment yang ada padaku. Aku ada busur dan anak panah yang sudah ditingkatkan. Karena aku punya 300 panah, aku tidak akan kehabisan saat pertempuran.

Akan tetapi, aku tidak berpikir Stone Arrow dan Wooden Arrow bisa diandalkan. Aku sebaiknya membeli Iron Arrow dan meningkatkannya dengan Alchemy. Tapi aku tidak punya uang untuk itu.

Setelah aku tiba di gerbang timur, aku mencari Taku. Dia sudah menunggu, kelihatannya equipment-nya lebih baik daripada yang dia miliki pada hari pertama. Entah bagaimana itu membuat frustrasi. Aku masih memakai equipment pemula.

“Yoo, Yun.”

“Ya, apa kau serius? Mengajakku ikut denganmu?”

Sejujurnya, aku sangat gugup. Yah, karena rasio laki-laki dan perempuan dalam anggota party selain dari kami adalah 2:2 itu tidak masalah. Jika hanya kami berdua yang sama-sama laki-laki mungkin akan canggung, tapi kurasa tidak apa-apa.

Ketika aku membungkuk ringan pada anggota party Taku——

Orekko muncuulllllll‼”

“Uwaa, gadis yang imut.”

“Tapi kau memegang sebuah busur. Apa kau tidak apa-apa? Terlebih lagi kau memakai equipment pemula.”

“Tidak masalah. Ini hanya game, jadi biarkan dia menikmatinya.”

Ah, ya. Aku juga mengkhawatirkan ini. Busur yang kupunya adalah untuk pemula. Juga, jangan memangilku ‘orekko’ atau ‘gadis imut’, aku ini laki-laki.

“Kami sudah mendengar kau adalah teman Taku di dunia nyata, tapi sepertinya kau kelas atas. Kau terlihat seperti tipe yang tidak mudah, bukan, seorang kuudere[6]. Itu hebat.”

“Orang yang cantik, eh.”

Jangan bicarakan penampilanku lagi! Kumohon! Seorang pria dengan equipment ringan dan seorang wanita dengan rambut pirang bergelombang dan berpakaian jubah pendeta datang mengatakan itu.

“Umm, orang ini adalah Yun. Seperti yang kalian lihat, dia adalah seorang archer tapi pasti berguna. Sekalipun tidak, dia dapat menggunakan pertempuran kal ini sebagai referensi untuk mengganti Sense-nya.”

“Yup, jangan memutuskan aku tidak berguna sejak awal. Aku seorang crafter. Medan pertempuranku berbeda.”

Ekspresi orang-orang di sekelilingku berkata ‘eh?!’. Jadi begitu. Seorang crafter yang menggunakan busur. Terlebih lagi, mereka pasti berpikir aku adalah seorang bodoh yang menggunakan equipment pemula. Tapi kenyataannya aku tidak bisa berbuat apapun karena aku tidak punya uang.

“Kalau begitu, kau mungkin berguna. Omong-omong, apa yang kau buat?”

Orang yang mengatakan hal itu adalah orang yang tadi bereaksi terhadap busurku yang merupakan equipment pemula. Walaupun dia terlihat besar dan tegap, dia kelihatan keren. Kasar tapi keren, dia mengenakan warrior armor abu-abu, keren tapi menyebalkan.

“Untuk saat ini, potion.”

Aku menunjukkan pada mereka sebuah potion yang kubuat sendiri setelah mengeluarkannya dari inventory. Dia bertanya setelah melihatnya.

“Ini yang untuk pemula?”

“Bukan, ini yang ada di atasnya.”

“Kalau begitu kau bisa mengambil bagian pemulihan.”

“Ahh, aku sudah menjual semuanya, kecuali yang satu ini.”

“Wha?!”

Taku mulai tertawa sambil memegangi perutnya. Dia telah bertahan mencoba untuk tidak tertawa ketika aku dikira adalah perempuan untuk sementara ini. Brengsek, dia meledak tertawa sekarang.

“Kau orang tolol ya?! Kenapa kau menjual semua Potion itu!”

“Yah, karena Beginner Potion dan Pill sudah cukup untukku.”

“Apa kau bodoh?! Ketika SP-mu melebihi 10 poin, efek dari Beginner Potion akan berkurang!”

“Hee, jadi itu yang terjadi saat kau melebihi 10 SP. Aku masih bisa kalau begitu.”

Untuk beberapa alasan, warrior berbaju baja abu-abu memegangi kepalanya. Tidak ada niat jahat dalam kata-katanya, mungkin dia mencoba untuk baik, tapi rasanya mengancam karena perkataan tersebut datang dari tubuh yang besar dan tegap itu. Wanita dengan kacamata bundar dan sebuah topi segitiga hijau yang berdiri di sebelahnya mencoba untuk menenangkannya. Entah kenapa, dia terlihat seperti seorang penyihir.

Walau begitu, alasan mengapa orang-orang di garis depan membutuhkan potion adalah karena itu, huh.

“Baiklah, akan kujelaskan. Petarung berpakaian sederhana ini adalah Gantz, penyembuh di sebelahnya adalah Minute. Pria berbaju besi adalah Kei. Si gadis penyihir adalah Mami. Dan aku Taku adalah swordsman.”

Taku memperkenalkan mereka semua sekaligus, aku dengan sopan menyapa mereka kembali dengan memperkenalkan diri.

“Aku Yun, seperti yang kau lihat aku adalah seorang archer dengan equipment pemula.

Walaupun aku memperkenalkan diriku seperti itu, hal tersebut adalah kenyataan. Daripada berbohong, aku sebaiknya menggambarkan diriku seperti itu.

Kemudian kami menuju lokasi Big Boar berada, di dekat jalan keluar dari padang. Sebagai seorang archer, aku tidak memboroskan anak panahku dalam pertempuran selama itu. Meskipun aku tidak turut dalam pertempuran seperti, sebaliknya aku meneruskan dengan cara yang orang lain tidak lihat dan melatih Hawk Eyes, memasang Enchant dan mengumpulkan item.

Aku telah mengumpulkan benda seperti Antidote Grass (rumput penawar racun) dan Paralysis Grass (rumput pelumpuh), sebuah Recipe Antidote telah diperbarui. Aku memiliki cara baru untuk membuat sebuah potion dengan menggabungkan Antidote Grass.

Dengan kata lain——ada lebih dari satu cara untuk membuat sebuah item.

Item dapat dibuat melewati tahapan-tahapan, atau dapat dibuat dari sebuah resep. Kebanyakan orang tidak mengumpulkan ini dan hanya membelinya dari NPC. Juga, batu yang membeli Copper Ore (bijih tembaga) dan Tin Ore (bijih timah). Jika aku mengubahnya, ini mungkin berubah menjadi Bronze Ingot (batangan perunggu). Ayo berkonsultasi dengan Magi-san nanti.

Juga, kelihatannya Tree Branch dapat dibuat di mana pun dan Crow Feather dapat dengan mudah dikumpulkan dari monster tipe burung gagak

Bila bulu-bulu ini diproses dengan Sewing, seseorang dapat membuat barang yang meningkatkan pemulihan ketika istirahat seperti kantung tidur atau tempat tidur. Meskipun semuanya seperti menjualnya untuk uang, aku sangat menghargainya karena itu adalah bahan untuk anak panahku.

Saat aku mengumpulkan item selama perjalanan, aku berwajah benar-benar senang. Tapi tatapan Minute dan Gantz entah bagaimana menyakitkan.

“A-ada apa? Gantz, Minute?”

“Umm, apa kau benar-benar kenalan Taku? Itulah yang kupikirkan. Maksudku, dia adalah seorang gamer yang berpengalaman, dan bisa mempunyai teman seimut dirimu sebagai teman masa kecil…benar-benar seorang riajuu[7].”

“Juga, kau punya saudari-saudari, ‘kan. Dengan kata lain, orang payah seperti Taku mempunyai teman masa kecil sepertimu untuk memperhatikan dia. Komedi cinta macam apa ini!”

Tidak, aku tidak tahu. Lagipula, aku adalah laki-laki.

“Jika itu aku, aku akan jatuh cinta padamu, Yun-chan.”

Tidak, terima kasih untuk laki-laki.”

“Aku suka gadis imut juga.”

“Aku tidak dicintai seperti itu juga!”

Minute berdiri di belakangku dan meletakkan salah satu tangannya di pundakku. Sebagai seorang laki-laki, aku tidak ingin terkenal dengan cara seperti ini.

Aku melihat sekeliling untuk pertolongan, orang yang dipanggil Kei memiliki atmosfir pahit di sekelilingnya, Mami-san mencoba untuk menenangkanku. Hei, Taku. Kau pemimpinnya, jadi coba lakukan sesuatu tentang ini, aku menatapinya dengan pesan tersebut, tapi dia hanya tersenyum miris.

“Hei hei, apa hubunganmu dengan Taku-kun? Ayolah, seperti hubungan kalian di dunia nyata?”

“Minute. Menanyakan kehidupan nyata di dalam game itu tidak sopan.”

Warrior berbaju besi, Kei melerai menghentikan menggantikan Taku.

Taku melebarkan bahunya mengeluh dan akhirnya bergerak.

“Sekarang, ayo serang musuh tersebut seperti ini. Karena dia terlalu banyak bermain, Gantz yang gesit akan memancing Big Boar ke sini?”

“Tidak tidak, itu mustahil. Big Boar itu terlalu cepat. Biarkan dia menyerangnya dari jauh dengan sihir.”

Puas, Minute dan Gantz melepaskanku seperti itu.

“Itu tidak masalah, tapi armor-ku setipis kertas. Itu akan menjadi kematian seketika, aku tidak akan bisa menggunakan sihir terusan atau aku akan tertangkap.”

Mami-san memberikan pendapatnya dengan tidak nyaman. Aah, apa yang harus kulakukan? Pikirku.

“Satu serangan sudah cukup untuk memancingnya, ‘kan.”

“Itu benar. Yah, selama itu adalah serangan langsung…”

“Jika tidak masalah untuk menyerangnya dari sini, aku bisa melakukannya.”

Taku berkata ‘apa?’. Dia memberikan kesan bahwa dia tidak mengerti. Sudah lama sejak aku dapat mengagetkan dia.

“Yah, lihat saja. «Enchant» ——Attack.”

Enchant pemain, mulai dari Enchant level 10, durasinya berlangsung lebih panjang, efeknya pada skill lebih besar dan waktu delay-nya sampai dapat digunakan lagi lebih pendek.

Meningkatkan kekuatan seranganku sendiri, aku menarik tali busurku. Jaraknya sekitar 20 meter menurut perkiraan penglihatanku.

Jaraknya sepertinya tergantung dari kekuatan serangan orang yang bersangkutan. Karena semakin kuat dengan Enchant, jaraknya juga meningkat.

Walaupun jarak tembak memiliki perhitungan yang kompleks, dengan Bow yang levelnya meningkat dan Art, dan juga Enchant sebagai tambahannya, seharusnya jaraknya cukup.

Menggunakan Hawk Eyes, aku membidik dan menarik busur hingga ke batasnya berdasarkan bunyinya, dan melepaskan panah.

Ketika anak panah tersebut menunggangi angin, sebelum aku dapat memastikan apakah itu kena atau tidak dengan Hawk Eyes, aku sudah menarik anak panah berikutnya. Ketika aku menembakkan anak panah kedua, aku memastikan yang pertama telah mengenai target.

“Kena, dia datang!”

Aku melepaskan anak panah kedua, tapi gagal mengenainya kali ini.

Karena aku menggunakan «Long Range Shooting» dua kali, aku tidak punya banyak MP yang tersisa. Setelah kembali ke jarak tembak normal, aku memasang Enchant.

“«Enchant» ——Defence.”

Aku memasang Enchant pada Taku yang menahannya.

Kekuatan api dari pemain tipe penyihir sangat hebat, dan kerja sama antara dua swordsmen dan seorang ahli bela diri itu mengagumkan.

Saat Big Boar menyerang secara langsung, Kei tidak mundur selangkah pun. Gantz dan Taku melanjutkan taktik hit & run (serang dan lari). Terkadang memberi kesempatan bagi satu sama lain untuk memulihkan diri, mereka menarik perhatian dari Big Boar, bersiap untuk serangan brutal yang mereka ubah sasarannya. Tiga laki-laki dapat menghasilkan gerak kerja sama hanya dengan menyebutkan nama mereka.

Tetap saja, serangan Big Boar menyebabkan berkurangnya 30% dari HP mereka dalam sekali serang. Tapi untuk Taku, hanya berdampak 20%. Oh, aku mengerti. Taku adalah pengguna armor. Dan semakin banyak statusnya semakin banyak yang ditingkatkan oleh enchant.

Yeah, ini penemuan besar.

Aku terus menembakkan panah untuk beberapa saat, dan ketika MP-ku pulih, aku memasang enchant defence. Ketika kami akhirnya mengalahkan Big Boar, MP Minute dan Mami-san hampir habis. Ini cukup memakan waktu, monster tersebut kuat. Jadi satu Sandman kira-kira sekuat ini. Itu sulit sekali.

Setelah pertempuran usai, semuanya sangat senang saat memeriksa level mereka. Dan aku, woah?!

Bow, Magic Talent dan Magic Power, begitu pula Enchant semuanya meningkat levelnya. Jadi ada tambahan experience saat lawannya kuat ternyata.

“Oh, aku tidak mengira kita akan mengalahkan Big Boar semudah ini. Mungkin seharusnya kita tidak perlu membeli item.”

“Dengan mudah?! Padahal kupikir ini cukup sangat sulit sampai aku merasa merinding hanya dengan melihatnya dari jauh?”

“Yun. Kau tidak pernah menghadapi lawan kuat di dalam sebuah party sebelumnya, ya?”

Aku hanya melakukan tutorial battle dengan saudariku awalnya, dan hanya menaklukan yang lemah sendirian.

“Umumnya, dalam party yang orangnya memiliki kurang dari 10SP, itu benar-benar keadaan terdesak jika tidak ada Potion dan MP Potion.”

Sekalipun dia berkata begitu, aku tidak tahu apa yang aku tidak tahu.

“Hey, Yun, ‘kan ya? Bisa kutanya sesuatu?”

“Ada apa? Kei.”

“Kenapa kau mengambil Sense Enchant. Kau pasti sudah diberi tahu bahwa itu tidak berguna.”

“Hmm, begitulah. Sekalipun awalnya aku bertujuan menjadi seorang karakter pendukung secara keseluruhan, aku mengumpulkan cukup banyak Sense sampah dan memutuskan untuk berganti ke crafting. Aku mengambil Enchant secara asal. Awalnya aku juga akan menggantinya.”

“Aku mengerti, satu lagi. Kenapa kau memasang Enchant defence pada kami, penyerang garis depan. Kau pasti punya Enchant attack ‘kan.”

“…hmm? Kita di sini untuk menaikkan level ‘kan? Sense Armor atau Sense Leather ArmorGantz tidak akan naik kecuali kalian diserang. Karena itulah.”

“Aku paham. Enchant itu…menyelamatkanku. Kali ini, terima kasih.”

Entah kenapa, aku merasakan hawa dingin di punggungku. Aku terhenyak karena ada seorang laki-laki bersikap baik padaku.

“Tapi itulah kenyataanya. Tanpa bantuan dari Enchant defence, dan juga kau yang memancing musuh dengan busur, MP dari penyerang belakang mungkin akan kehabisan dan itu bisa jadi bahaya.”

“Aku senang mendengarnya, kurasa.”

Entah kenapa, dipuji oleh gadis-gadis ini membuatku malu. Tapi segera sesudahnya, Minute nyengir.

“Tapi kenapa kau memasang Enchant pertama pada Taku-kun?”

“Haa? Kenapa bertanya begitu…”

“Fufufu, kau mau membantu orang yang kau suka?”

“Kau salah, dia muncul di jangakauan pandanganku dan aku tanpa sadar…”

“Matamu tanpa sadar tertuju pada Taku-kun…”

“Sudah kubilang kau salah! Taku hanyalah teman masa kecilku yang terlalu akrab… lagipula aku ini——“

Seorang laki-laki. Itulah yang ingin kukatakan, tapi ‘maaf sudah menggodamu’ Minute terus melihat reaksiku, mungkin karena aku membalas begitu serius ketika aku kesal, wajahku terasa sedikit panas.

Minute menuju Taku untuk menggodanya kali ini, equipment-nya benar-benar lengkap. Ketika aku melihatnya karena iri dengan equipment-nya, anggota yang lain diam-diam tersenyum. Ini pasti, kelihatannya aku seperti menyukai Taku. Ah, sambil pikiranku menyangkalnya, aku menggelengkan ringan kepalaku untuk mengenyahkan pikiran tersebut.

“Sekarang, aku memeriksa ulang rencana dan melihat inventory kita. Setelah itu, ayo taklukkan tiga Big Boar lagi dan kembali.”

Kami mengikuti instruksi Taku dan memeriksa inventory untuk melihat item yang kami dapatkan. Yaah…, karena aku di dalam party maka tidak ada banyak barang. Apa, apa yang harus kulakukan dengan Big Boar’s Meat (daging Big Boar)?

Cara memakainya akan menunggu, setelah itu, aku mendapatkan barang seperti Fang dan Big Boar’s Fur. Hasil dari berburu dengan Taku dan yang lainnya adalah kenaikan level. Mengingat nilai experience, menghadapi lawan kuat mungkin bagus, tapi resikonya tinggi.

Yah, aku bukan seorang pengambil resiko, bisa tenang saja cukup. Pikirku.

Setengah dari Sense-ku adalah untuk pertempuran, sisanya adalah crafting. Jika aku hanya terus melakukan pertempuran, Sense-ku tidak akan naik level dengan seimbang. Memiliki baik Sense pertempuran dan crafting itu sulit, itulah yang dikatakan Magi-san, jadi memang benar.

“Hmm.”

“Ada apa? Yun-chan.”

“Yun-chan?!”

Minute memelukku dari belakang. Uwa, perempuan itu benar-benar lembut. Hei, bukan begitu, aku ini laki-laki. Aku ingin dia berhenti memanggilku dengan –chan.

“Jangan menggelayut padaku.”

“Tidak akan, padahal kau seimut ini…”

Meskipun aku ingin dia melepaskanku secepatnya, aku tidak bersikap kasar terhadap seorang gadis. Dan ketika aku memutuskan untuk berkonsentrasi menahannya, aku mendengar sebuah bisikan di telingaku, sebuah hawa dingin merayap di punggungku.

(“Yun-chan, maaf karena menggodamu sebelumnya.”)

(“Minute?”)

(“Aku tidak ada keinginan untuk merampas Taku.”)

Tidak, aku merasa seakan aku terseret dalam sebuah kesalahpahaman besar. Ketika aku memutar leherku aku melihat Minute dengan senyum lebar di wajahnya di dekatku.

“Dengar, aku ini laki-laki. Jadi berhentilah berpikir begitu.”

“Eh, kau bohong. Tidak mungkin gadis seimut dirimu adalah laki-laki! Atau mungkin kau adalah gadis cantik yang menyamar sebagai karakter laki-laki? Hmm. Bukannya tidak masalah untuk mengenakan baju yang manis?”

“SUDAH KUBILANG! Taku! Katakan padanya!”

“Hihihihihi, jangan malu-malu. Yun sangat mirip dengan yang di dunia nyata.”

“Ohhh! Sebuah deklarasi orekko yang asli muncull‼”

“Taku brengseekkkkk‼”

Dia melihat padaku yang sedang digelayuti dan tidak mau memaksa melepaskannya, mata orang yang ada di hadapanku ini terlihat tertawa.

“Tapi seorang archer dikatakan sebagai sebuah kekeliruan atau lemah, tapi ini sama sekali tidak terasa seperti itu. Terlebih lagi, walaupun Sense Enchant adalah sebuah kesalahan, karena kau bisa membuat potion itu berarti kau mempunyai Mixingdan Synthesis ‘kan? Kurasa tidak separah itu sampai mendapat perlakuan buruk.”

“Ah, ngomong-ngomong, begitulah keadaannya. Kenapa mereka bilang archer lemah?”

Para wanita menelengkan kepalanya. Aku juga tidak tahu. Yah, selama itu menarik tidak masalah ‘kan?

Dan para laki-laki menunjukkan ekspresi kebingungan.

“Ahh, itu karena event menyerang kota saat β.”

Kei berbicara pelan.

Dan dia mengatakannya terus terang——ketika event bertahan, penyerang jarak jauh adalah archer dan wizard yang mengurangi jumlah musuh dan penyerang depan lalu menghabisi pasukan musuh, itulah keseluruhan dari strateginya. Para archer yang dibicarakan pada akhirnya lari terburu-buru untuk membeli panah, persediaan anak panah habis dalam sekejap. Mengingat jumlah archer yang ada, tidak ada cukup anak panah bagi mereka untuk bertahan. Para archer diserang oleh keadaan tak terlihat tiba-tiba kehilangan semua persediaan anak panah, mereka menjadi tidak berguna.

Event berakhir dengan kemenangan tipis, tapi sebagai hasilnya para archer dibenci oleh para pemain.

“Haa, kita benar-benar terdesak saat itu. Semua penyerang depan maju ke medan pertempuran meskipun sekarat dan berada dalam keadaan tertekan. Benar ‘kan, Taku-san.”

“Yah. Para pahlawan yang aktif saat itu dipanggil dengan sebutan seperti Silver Paladin atau Water Witch ‘kan, Gantz-san”

Untuk beberapa alasan, matanya menerawang jauh. Jangan membuat tatapan seperti ikan mati begitu.

“Juga, hal aneh lainnya adalah——Enchant. Kenapa kau memakainya seperti itu?”

“ “ “Eh?” “ “

Tidak, biasanya aku memasangkan Enchant pada rekanku. Kalau dipikir-pikir, ini pertama kalinya aku memakaikannya pada orang lain. Juga para gadis, kenapa kalian terkejut?

“Mungkinkah, tidak ada seorang pun yang memakaikannya pada rekan mereka?”

“Tidak, Sense Enchant memiliki jarak pendek sepanjang dua meter. Yang kudengar dari orang yang menaikkan levelnya, kelihatannya tidak berkembang sehingga dia menyerah dan segera menggantinya.”

Dengan kata lain, karena jarak pendek? Tentunya, jarak pendek sepanjang dua meter itu sama dengan busur. Dengan jarak sependek itu, kau tidak dapat memasangkan Enchant pada pemain depan. Jika kau maju ke depan, kau akan terkena serangan. Karena Enchant dianggap sebagai sesuatu yang digunakan oleh tipe penyihir, pertahanan mereka lemah.

“Karena itulah sepertinya aneh. Kau dapat memberikan Enchant dengan aman di tengah pertempuran——kau ada petunjuk?”

“Tidak, aku biasanya melihat pada orang yang akan ku——“

Hanya dengan perkataan ini, Taku yang tahu tentang Sense awalku bereaksi.

“Yun. Kau masih menaikkan Hawk Eyes-mu?”

“Nn? Ah, itu, itu berguna. Selain penglihatan jauh ada penglihatan malam. Sempurna untuk memampukanku berburu pada malam hari, ketika diaktifkan maka akan naik level dengan cepat.”

“Kau, lihat aku dan berikan Enchant.”

Taku menjauh sekitar 5 meter dan berkata demikian.

“Aku tidak begitu mengerti tapi «Enchant» ——Defence.”

Dia terbungkus dalam cahaya biru. Setelah satu menit, efek Enchantnya menghilang.

“Berikutnya, lihat ke kanan, dan berikan lagi. Sama sekali jangan melihat ke arahku.”

“Aku mengerti, aku mengerti. «Enchant» ——Defence…eh, apa?”

Aku tidak bisa memasangkannya. Ketika Taku melihatnya, dan berkata ‘jadi begitu’ dan menghela napas.

Orang-orang di sekelilingku menyadarinya. Hanya aku yang tidak, aku dapat memasangkan Enchant pada diriku sendiri dan memastikan bahwa aku dapat memasangkannya pada orang lain.

“Kita membuat kesalahpahaman besar. Inti dari Hawk Eyes bukanlah penglihatan jarak jauh atau penglihatan malam. Ini adalah kemampuan menentukan sasaran.”

Aku menelengkan kepalaku mendengar istilah yang tidak biasa.

“Dengan kata lain, ini adalah kemampuan yang memungkinkan seseorang untuk memilih target dalam pandangan. Jika ditingkatkan dengan cukup, ini dapat menjadi kemampuan yang sangat hebat.”

“Ahahahaha, aku berharap ini akan menjadi cheat resmi yang membantu kita berkembang.”

“Eh? Jadi apa maksudmu?”

Ayolah, aku tidak mengerti apa yang terjadi dan memerlukan sebuah penjelasan.

“Dengan kata lain—— Yun, kau dapat memberi enchant pada apapun yang ada dalam jangkauan pandanganmu. Dan jika itu dipasangkan pada Sense tipe sihir dan elemental, tipe jarak jauh mungkin akan jadi tak terkalahkan…mungkin.”

“Yun, apa yang akan kau lakukan? Apa kau akan berubah menjadi seorang mage?”

“Tidak, melakukan hal yang sama dengan orang lain itu membosankan. Aku akan melanjutkan menjadi seorang archer dengan crafting yang kupunya.”

“Terlebih lagi, bagaimana kalau menaruh informasi ini pada situs panduan? Jika kita melakukannya, itu akan meningkatkan jumlah orang yang mengambil Hawk Eyes dan Enchant.”

“Hmm. Memiliki seseorang yang meniruku. Aku tidak begitu menyukainya, only sense adalah tema gamenya, jadi kenapa tidak kita diam saja dan biarkan aku memakai style-ku sendiri? Aku tidak masalah menjadi satu-satunya.”

“Baiklah. Apa ada yang keberatan untuk diam mengenai hal ini?”

Semuanya setuju.

Entah bagaimana, mereka semua adalah orang-orang yang baik. Aku merasa senang untuk berburu bersama mereka lagi.

Jumlah temanku bertambah empat sekaligus. Aku penasaran, bisakah kau membuat seratus teman? Aku merasa pernah mendengar kalimat itu.

Hawk Eyes dan Enchant tidak bisa berdiri sendiri, tapi menjadi berguna setelah dikombinasikan. Jika aku terus seperti ini, aku akan dapat mendukung Taku dan rekanku lebih lagi. Berpikir seperti itu, aku merasa sangat senang.

----------------------------------------------------------------------
Catatan Kaki
1. Yun menggunakan kata ‘saya’ yang sangat maskulin untuk menunjuk dirinya sendiri. ‘Ore’() adalah cara yang kasar untuk laki-laki merujuk pada dirinya. Sementara perempuan yang menunjuk dirinya sendiri dengan ‘boku’ () termasuk sangat tidak biasa, maka perempuan yang menggunakan kata ‘ore’() pada kenyataannya adalah mitos.
2.    Memainkan peran; berakting
3.    Non-playable Character : karakter yang dijalankan oleh sistem game
4.    Artificial Inteligence : kecerdasan buatan yang dibuat sistem komputer
5.    Tokoh terkenal dari ‘Alice in Wonderland’ karangan Lewiss Carroll
6.    Istilah untuk mendeskripsikan karakter dalam anime Jepang. Ada banyak yang lainnya seperti yandere, tsundere, dandere, dll. Kuudere menggambarkan karakter yang nampak luarnya dingin, tidak bersahabat, padahal di dalamnya merupakan kebalikannya.
7.    Sebutan untuk orang yang hidupnya sepertinya memiliki semua keinginan hidupnya terpenuhi, dalam artian orang tersebut populer dikelilingi banyak teman dan memiliki pacar.

Only Sense Online Jilid 1 Bab 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fariq Farhan Ariq

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.